Alizha Alkhanza

Kontributor

2 tahun yang lalu


#sosial media #audience #overlap

Sebuah Tool Baru, Audience Overlap dari Facebook!

2 tahun yang lalu - By Alizha Alkhanza

Facebook secara diam-diam meluncurkan suatu tool baru yang mempunyai potensi dan cukup berguna bagi para marketer, yaitu Audience Overlap. Anda dapat menggunakan tool ini sebagai salah satu cara untuk beriklan di Facebook.

Mari kita cari tahu lebih dalam mengenai, "Apa itu Facebook Audience Overlap dan bagaimana memanfaatkannya".

Facebook lebih memungkinkan bagi marketer untuk membandingkan dua audiens dengan menggunakan Audience Overlap.

Sebenarnya, Audience Overlap, Apa Sih?

Audience Overlap itu sendiri lebih mengarahkan kepada pengiklan untuk mengambil dua atau lebih audiens, bahkan hingga lima. Serta menemukan persentase "tumpang tindih" (overlap) antara mereka. Mungkin, dengan kata lain, berapa banyak pengguna yang berada pada audiens A dan juga audiens B?

Audience Bagaimana yang Dapat Anda Bandingkan?

  • Custom Audience
  • Lookalike Audience
  • Saved Audience

Anda dapat membandingkan seluruh jenis audiens yang artinya, Anda dapat membandingkan custom audience dengan yang lainnya. Atau Anda, dapat membandingkan custom audience dengan yang sejenisnya.

Keterbatasan Facebook Audience Overlap

Keterbatasan yang paling utama adalah di dalam kelompok audiens, setidaknya terdapat seribu orang untuk memenuhi syarat perbandingan dengan audience overlap.

Apabila Anda mencoba untuk membandingkan dengan audiens yang lebih kecil, maka Anda akan menerima pesan seperti di bawah ini.

"To protect the privacy of people on Facebook, we don't share data for audiences of fewer that 1.000 people".

Dari pembatasan privasi ini, konsisten dapat Anda lihat dengan yang ada di Facebook Audience Insight.

Cara Memanfaatkan Audience Overlap

Terdapat beberapa cara bagi advertiser yang mungkin ingin menggunakan Audience Overlap.

1. Tentukan Apakah Anda Harus Menargetkan Audience Tertentu

Sebagai contohnya, Jonloomer menargetkan menjadi 4 (empat) interest berikut:

  • Social Media Examiner
  • Mari Smith
  • Amy Porterfield
  • Facebook for Business

Nah, apakah itu merupakan penargetan yang baik? Cara untuk kita mengetahuinya adalah dengan mencari overlap antara interest dan fans dalam Facebook. Jonloomer melakukannya dengan membuat lima saved audiences, satu untuk fansnya, dan lainnya untuk setiap interest.

Dapat Anda lihat di atas, telah sebanyak 53% audiens Jonloomer memiliki ketertarikan dengan Amy Poterfield. Atau Anda dapat menemukan tool marketer, yaitu audience overlap dari antara beberapa interest dengan pengunjung sebuah situs.

2. Membuat Suatu "Audience Khusus" Kepada Penargetan

Selain hanya menemukan satu audience untuk Anda targetkan, Anda dapat membuat "Audience Khusus". Dengan melakukan langkah dari contoh sebelumnya, secara berulang kali bersama dengan interest dan behavior lainnya. Hal itu untuk menemukan satu saved audiences yang mirip dengan audiens ideal Anda serta berpotensi untuk target Anda berikutnya.

3. Mencari Data Facebook Fans Anda

Anda dapat menemukannya melalui Audience Overlap. Ketika melakukan hal ini yang pertama kali buat saved audiences melalui banyak opsi dan produk yang Anda bisa. Lalu, bandingkan dengan saved audiences untuk Facebook Anda, contohnya seperti di bawah ini.

Gabung juga di Campusdigital

 

Hubungi Kami