Kariena Andiniyar

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite #trik & tips

Segmentasi Pasar: Pengertian, Tujuan, dan Contoh

2 tahun yang lalu - By Kariena Andiniyar

Dalam dunia pemasaran, terdapat istilah segmentasi pasar yang berguna untuk membantu mengelompokkan target konsumen. Jadi, apa sih segmentasi pasar itu?

Apa itu Segmentasi Pasar?

Segmentasi pasar adalah istilah pemasaran yang mengacu pada penggabungan calon pembeli ke dalam kelompok atau segmen dengan kebutuhan yang sama dan yang merespon serupa terhadap tindakan pemasaran. Oleh karena itu, segmentasi ini berusaha mengidentifikasi kelompok konsumen yang ditargetkan untuk menyesuaikan produk dan merek dengan cara yang menarik bagi kelompok tersebut.

Perusahaan dapat melakukan segmentasi dengan beberapa cara seperti secara geografis, demografis, atau perilaku.

Photo by Pixabay from Pexels

Melakukan hal ini juga membantu perusahaan meminimalkan risiko. Peminimalan risiko ini dengan mencari tahu produk mana yang paling mungkin untuk mendapatkan pangsa pasar sasaran. Serta cara terbaik untuk memasarkan dan mengirimkan produk tersebut ke pasar.

Dengan risiko yang diminimalkan dan pengiriman produk yang meningkat, perusahaan kemudian dapat memfokuskan sumber dayanya pada upaya yang paling menguntungkan.

Mengenal Segmentasi Pasar Lebih Dalam

Perusahaan umumnya dapat menggunakan tiga kriteria untuk mengidentifikasi segmen pasar yang berbeda:

  • Homogenitas, atau kebutuhan bersama dalam suatu segmen
  • Perbedaan, atau menjadi unik dari kelompok lain
  • Reaksi, atau respons serupa terhadap pasar

Misalnya, perusahaan alas kaki atletik mungkin memiliki segmen pasar untuk pemain bola basket dan pelari jarak jauh. Sebagai kelompok yang berbeda, pemain bola basket dan pelari jarak jauh menanggapi iklan yang sangat berbeda. Memahami segmen pasar yang berbeda ini memungkinkan perusahaan sepatu atletik untuk memasarkan mereknya dengan tepat.

Tujuan Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah perpanjangan dari riset pasar yang berusaha mengidentifikasi kelompok konsumen yang menjadi target untuk menyesuaikan produk dan merek dengan cara yang menarik bagi kelompok tersebut.

Maka dari itu, hal ini bertujuan untuk meminimalkan risiko dengan menentukan produk mana yang memiliki peluang terbaik untuk mendapatkan pangsa pasar sasaran dan menentukan cara terbaik untuk mengirimkan produk ke pasar.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi secara keseluruhan dengan memfokuskan sumber daya yang terbatas pada upaya yang menghasilkan laba atas investasi (ROI) terbaik.

Cara Melakukan Segmentasi Pasar

Perusahaan dapat melakukan segmentasi pasar dengan beberapa cara:

  • Secara geografis menurut wilayah atau wilayah
  • Demografis berdasarkan usia, jenis kelamin, ukuran keluarga, pendapatan, atau siklus hidup
  • Secara psikografis berdasarkan kelas sosial, gaya hidup, atau kepribadian
  • Perilaku berdasarkan manfaat, penggunaan, atau respons

Tujuannya adalah untuk memungkinkan perusahaan membedakan produk atau pesannya sesuai dengan dimensi umum segmen pasar.

Contoh Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar terlihat dalam produk, pemasaran, dan iklan yang digunakan orang setiap hari. Produsen mobil berkembang dengan kemampuan mereka untuk mengidentifikasi segmen pasar dengan benar dan membuat produk dan kampanye iklan yang menarik bagi segmen tersebut.

Produsen sereal memasarkan secara aktif ke tiga atau empat segmen pasar sekaligus, mendorong merek tradisional yang menarik bagi konsumen yang lebih tua dan merek yang sehat bagi konsumen yang sadar kesehatan, sambil membangun loyalitas merek di antara konsumen termuda dengan mengikat produk mereka ke, katakanlah, film anak-anak populer tema.

Pabrikan sepatu olahraga mungkin menentukan beberapa segmen pasar yang mencakup atlet elit, orang yang sering berolahraga di gym, wanita yang sadar mode, dan pria paruh baya yang menginginkan kualitas dan kenyamanan dalam sepatu mereka. Dalam semua kasus, kecerdasan pemasaran produsen tentang setiap segmen memungkinkannya mengembangkan dan mengiklankan produk dengan daya tarik tinggi secara lebih efisien daripada mencoba menarik massa yang lebih luas.

 Info lanjut kunjungi dang bergabung bersama kami di Campus Digital

Hubungi Kami