Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#terupload #seo #belajar SEO # digital marketing # pemasaran digital #bisnisonline #belanjaonline # bisnis online untuk mahasiswa

SEO On Page: Pengertian dan Tekniknya

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

SEO On Page memiliki pengertian berupa optimasi SEO melaui website. Optimasi SEO On Page bertujuan untuk meningkatkan halaman website agar isinya relavan serta menarik. Sehingga pengunjung dapat betah berlama-lama dalam menikmati konten. Selain itu, konten yang berkualitas menjadikan mesin pencari mudah dalam membaca atau memahami struktur website.

Poin-Poin Utama SEO On Page

Setidaknya terdapat 10 poin-poin penting yang harus kalian ketahui dan pelajari agar bisa menerapkan SEO On Page dengan maksimal. Simak berikut ini.

Baca Juga: Dasar-Dasar SEO yang Penting Diketahui Para Pemula

Konten

Bagian paling penting dari sebuah website adalah konten. Hal ini menunjukkan apa yang ingin kalian tampilkan kepada para pengunjung. Maka dari itu, membuat konten yang berkualitas adalah suatu keharusan.

Buatlah konten yang kalian kuasai dan relevan dengan apa yang sekiranya pengguna internet banyak butuhkan atau cari. Satu yang harus kalian ingat, jangan pernah melakukan penjiplakan. Selain tidak etis, penjiplakan dapat terdeteksi oleh Google sehingga dapat memperburuk peringkat di halaman pencarian.

Keyword

Proses awal pembuatan konten tentu saja dimulai dengan pencarian keyword. Pilihlah kata kunci yang banyak orang-orang cari. Dengan begitu, konten kita dapat menjangkau banyak orang, sehingga pengunjung website bisa meningkat.

Jangan lupa untuk memasukkan keyword di meta description, judul dan URL sehingga website dapat teroptimasi secara maksimal.

URL

Buatlah URL yang simple. Usahakan juga untuk membuat URL yang mendeskripsikan inti dari konten website kalian. Kalau bisa jangan, lupa memasukkan keyword agar hasilnya baik.

Meta Description

Meta description harus memuat kata kunci. Selain itu, gunakan pula rangkaian kata yang efektif dan bisa menggambarkan keseluruhan konten. Kalau bisa, buatlah meta deskripsi yang “mengundang” sehingga dapat menarik perhatian pengunjung untuk mengklik konten website kita.

Media Gambar

Pilihlah gambar yang relevan dengan konten. Jangan lupa juga untuk menuliskan keyword pada alt text agar gambar tersebut juga bisa teroptimasi SEO.

Outbound Link dan Internal Link

Outbound link adalah link yang menuju ke website kita. Agar optimasi SEO On Page dapat optimal, kalian harus memilih link dari website yang berkualitas dan terpercaya. Sehingga pengunjung dan mesin pencari dapat melihat konten website kita sebagai konten yang juga bisa terpercaya dan berkualitas pula.

Selain itu, kalian juga perlu menambahkan internal link atau link yang berasal dari website kita sendiri. Ini agar memudahkan navigas dan pengunjung juga dapat lebih mudah dalam mencari konten-konten relevan lainnya.

Kecepatan Website

Tidak ada orang yang senang dengan website yang loading-nya lambat. Maka dari itu, jangan sampai website kalian seperti itu. Alih-alih memperoleh banyak pengunjung, justru malah pengunjung pergi dan malas untuk berlama-lama di website.

Untuk menghindari hal itu, kalian harus mengetahui beberapa faktor yang menentukan kecepatan website. Faktor tersebut adalah ukuran halaman yang terlalu besar, kualitas hosting, hingga jumlah file .js dan .css di <head>.

 

Itu dia pengertian SEO On Page dan beberapa poin penting yang harus kalian ketahui. Semoga artikel ini dapat membantu kalian. Apabila kalian masih merasa kurang dengan penjelasan dalam artikel ini, kalian bisa mendaftar program dari Campus Digital. Dengan mentor yang handal, kalian bisa lebih mudah dalam memahami SEO.

 

Hubungi Kami