Fauzan Ahmat Rahmawan

Kontributor

2 tahun yang lalu


#seo #belajardigitalmarketingsemarang #digitalmarketing #bisnisdigital #belajarseo

SEO : Pengertian Dan Manfaat Dalam Digital Marketing

2 tahun yang lalu - By Fauzan Ahmat Rahmawan

Ketika kita melakukan pencarian dalam mesin pencari dengan kata kunci tertentu, kita akan melihat daftar website yang relevan berada pada peringkat paling atas. Semakin tinggi peringkat suatu website menunjukkan bahwa website tersebut semakin relevan dengan kata kunci yang sedang kita cari. Hal itulah yang biasa kita sebut SEO. Lantas apa pengertian dari SEO?

Pengertian SEO

Search Engine Optimization atau biasa kita sebut dengan SEO merupakan suatu cara atau upaya untuk melakukan optimalisasi pada website. Optimalisasi pada website ini bertujuan untuk mendapatkan ranking teratas dalam pencarian sehingga bisa meningkatkan traffic secara organic. Selain itu cara ini akan membantu kita untuk mendapatkan target atau pengunjung website dengan tepat. 

Untuk bisa mendapatkan hasil SEO yang baik diperlukan kemampuan untuk memahami aturan yang ada dalam mesin pencari. Dengan memahami berbagai aturan yang ada dalam mesin pencari maka kita akan lebih mudah melakukan optimalisasi website menggunakan SEO. Hal ini membuat cara ini sangat bermanfaat dalam dunia digital marketing khusunya bagi UMKM dalam memasarkan produknya.

Manfaat Bagi Penjualan

Meningkatkan Brand Awareness

Dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu barang calon konsumen biasanya akan melakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan Brand yang memiliki kualitas yang baik. Dengan meningkatkan peringkat website akan berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan. Misalnya ketika kita berjualan jaket pria dan kita melakukan optimalisasi website menggunakan SEO untuk kata kunci “jaket pria” sehingga website kita berada pada tampilan paling atas maka akan membuat brand kita makin dikenal. Semakin dikenalnya brand kita, maka akan semakin banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Salah satunya adalah meningkatnya Brand Awareness yang kita miliki.

Membangun Aset Digital

Seperti yang kita ketahui bahwa SEO berkaitan dengan sebuah website. Pada dasarnya website merupakan suatu wadah untuk menyimpan berbagai aset digital salah satunya adalah katalog produk atau identitas perusahaan. Dengan membangun aset digital maka bisa membuat usaha atau UMKM yang ada menjadi terlihat lebih modern dan profesional. Bagi UMKM yang ada di Jakarta pengguna website sudah seharusnya menjadi hal utama yang harus kita miliki terlebih Jakarta merupakan kota besar yang memiliki banyak persaingan yang ketat. Jika kita tidak bisa membangun bisnis secara modern dan profesional maka bukan tidak mungkin bisnis kita akan menjadi tertinggal.

Hemat Biaya dan Prospek Jangka Panjang

Membangun strategi marketing menggunakan SEO merupakan salah satu cara yang efisien dan efektif untuk dapat meningkatkan penjualan secara konvensional. Selain itu penggunaan SEO juga tidak memerlukan anggaran yang terlalu besar. Cara paling ampuh membangun SEO adalah dengan kesabaran dan kemampuan analisa terkait mesin pencari yang ada. Jika anda sudah memahami itu semua dengan baik maka hal ini akan menjadi prospek atau investasi bisnis untuk jangka panjang. Salah satu alasannya adalah jika kita menggunakan iklan maka akan mengakibatkan pembengkakan anggaran. Oleh karena itu ini merupakan cara yang bisa kita ambil untuk meningkatkan penjualan secara organic.

Itulah penjelasan singkat mengenai SEO. Penjelasan tersebut semoga bisa membuka wawasan kita akan pentingnya SEO dalam marketing. Jika kalian tertarik mempelajari hak tersebut lebih dalam lagi, Mari bergabung menjadi member di Campus Digital. Campus Digital menyediakan berbagai materi atau platform pembelajaran digital marketing. Hal ini sangat berguna bagi kamu yang baru merintis usaha khususnya bagi para pegiat UMKM untuk meningkatkan penjualan mereka. Pelajari lebih lanjut DISINI


Hubungi Kami