Desty Purnama

Kontributor

11 bulan yang lalu


# marketplace

Sertifikasi digital marketing di Indonesia

11 bulan yang lalu - By Desty Purnama

Saat ini, telah banyak sertifikasi digital marketing di Indonesia. Sertifikasi digital mulai akrab di lingkungan kita sebab merupakan salah satu penunjang dalam karir yang kita inginkan. Di Indonesia, ada beberapa sertifikasi digital marketing yang bisa kamu ikuti loh!. Buat kamu yang pengen tahu apa aja sih sertifikasi digital marketing di Indonesia, baca artikel ini sampai habis ya!

Sertifikasi Digital Marketing di Indonesia

1. Sertifikasi Digital Marketing BNSP

Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) merupakan badan independen yang bertanggung jawab pada Presiden yang memiliki kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil dan bertugas untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja sesuai Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Pasal 18 ayat 5 tentang Ketenagakerjaan.

Sertifikasi digital marketing dari BNSP termasuk ke dalam urutan pertama mengingat lembaga yang keabsahannya paling kredibel. Selain itu, melalui situsnya, sudah terdapat sekitar 223 pemegang sertifikat digital marketing dari BNSP.Sertifikasi ini tersedia mulai dari harga Rp Rp1.000.000,-. Modul yang tersedia pun lumayan lengkap, mulai dari cara membuat konten hingga pembahasan mengenai influencer. Namun, setiap 3 tahun sekali, kalian wajib memperbarui sertifikat tersebut.

2. Facebook Blueprint

Lalu, salah satu media sosial dengan pengguna yang sangat banyak di Indonesia adalah Facebook. Facebook memiliki sekitar 140 juta pengguna. Bagi para pebisnis online, facebook merupakan sarana yang dapat digunakan untuk beriklan karena dapat menjangkau sasaran yang tepat melalui algoritma FB. Oleh karena itu, bisnis dan perusahaan UMKM mencari digital marketer yang kompeten untuk membantu membangun personal branding melalui Facebook.

Salah satu cara untuk menjadi digital marketer yang handal adalah dengan mengikuti sertifikasi dari program Facebook Blueprint. Kamu dapat memperoleh sertifikat dari 8 modul, dimana pembelajaran dalam modul tersebut harus kamu selesaikan dengan skor minimal 700. Sertifikasi dari FB Blueprint ini berlaku selama 1 tahun. Untuk mendapatkannya kembali, kamu harus mengikuti pembelajaran dari modul kembali. Biaya sertifikasi facebook blue print rata-rata sekitar Rp2.200.000,.

Baca juga mengenai Kelebihan kursus digital marketing bagi karyawan 

3. Youtube Creator Academy

Terakhir, ada program sertifikasi digital marketing dari Youtube Creator Academy. Selama mengikuti sertifikasi ini, kamu akan  mempelajari cara membuat channel YouTube, cara mengembangkannya, dan tips untuk mengoptimalkannya. Bagi kamu yang ingin menjadi content creator di youtube, sertifikat ini penting banget karena kamu akan mendapatkan berbagai pelatihan yang nantinya dapat diaplikasikan secara langsung.Namun, melalui halaman bantuan, youtube menginformasikan apabila kursus YouTube Certified hanya boleh diikuti oleh creator dan partner yang memiliki partner manager YouTube atau akses menuju Content ID. Sertifikasi ini dapat kamu ikuti secara gratis.

Itulah 3 sertifikasi digital marketing di Indonesia. Mana nih, yang paling menarik minat kamu ?

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi Campusdigital

 

Hubungi Kami