Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite # #terupload #konsepdigitalmarketing #seo #jenisseo

Simak Cara Setting SEO untuk Blogger

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Tahukah kamu bahwa blogger telah menyediakan setting standar SEO untuk blogger kita di bagian dashboard? Kita bisa langsung mengatur SEO sesuai dengan kebutuhan konten kita. Dengan setting ini, nantinya blog kita akan mudah dan cepat terindeks oleh mesin pencari, terutama Google. Apabila telah terindeks oleh Google, maka blog kita dapat muncul di posisi teratas halaman pencarian (SERP). Bagaimana cara setting SEO pada blogger? Mari kita simak.

Cara Setting Dashboard 

Sebelum beranjak pada langkah SEO, pastikan dulu bahwa tampilan blog kalian sudah oke. Simak caranya berikut ini:

  1. Masuklah ke halaman Google Plus. Setelah itu,klik automatically share after posting. Jangan lupa, sebelumnya kalian harus sudah mengaktifkann akun Google+
  2. Pilih tab Stats (Statistik). Kemudian pilih don't track your own pageviews supaya statistik pengunjung yang muncul murni dari user lain. Dengan kata lain, kunjungan kita pada halaman blogger milik sendiri tidak terhitung.
  3. Tab earning adalah tab khusus untuk melihat penghasilan dari konten blogger kita, yang terintegrasi dengan Google Adsense. Google AdSense sendiri ialah layanan yang menyediakan cara bagi pemilik website untuk mendapatkan uang dari konten online mereka. Cara kerjanya adalah dengan mencocokkan iklan dengan situs blog kita berdasarkan konten dan pengunjung . Tetapi, jika blog kalian masih baru, kalian belum bisa menggunakannya. Tunggu dulu hingga pengunjung sudah mencapai minimal 250, baru bisa mendaftar Google Adsense.

Baca Juga: Digital Advertising dan Jenis-Jenisnya

4. Pada tab Layout kalian bisa mengatur apa saja yang ingin kalian tampilkan pada sidebar. Caranya ialah klik add a gadget untuk menambahkan widget baru. Pilih edit untuk memodifikasi. Klik edit di Favicon untuk mengganti ikon kecil yang muncul di address bar. Kalian bisa mengubahnya dengan gambar/foto sesuai selera kalian atau ikon milik kalian sendiri. Siapkan saja fambat berukuran simetris, seperti 100x100 Pixel. Jika ingin mengganti nama blog dengan logo bergambar, tinggal pilih edit padaheader. Siapkan logo dengan ukuran standar 300x70 pixel.

5. Untuk mengganti template/tampilan, backup, pilih tab template.

Setting SEO Pada Menu Setting

Ini dia menu paling penting dari semua menu yang ada. Pada menu inilah standar SEO Blogger kita atur. Untuk langkah awalnya, hal-hal yang perlu kalian lakukan ialah sebagai berikut:

1. Pilih tab basic, kemudian pilih description. Setelah itu, klik edit untuk memasukkan deskripsi blog kalian. Contoh, apabila topik utama blog kalian adalah tentang digital marketing, maka tulis saja pada deskripsi blog "Tips dan trik digital marketing".

2. Pada menu post and comments, pilihlah tab-tab berikut ini secara berturut-turut:

Comment location: Embed 

Who can comment: Anyone

Comment moderation: Always 

Show word verification: No

Show backlink: Show

Setelah itu, tuliskan email kalian untuk menerima notifikasi, atau kosongkan saja juga tidak masalah apabila kalian tidak mau menerima notifikasi.

3. Di menu Language and formatting, pilihlah zona waktu sesuai tempat tinggal kalian. Apabila kalian tinggal di Indonesia, pilihlah GMT+07:00 Jakarta

4. Pada tab search preferences, klik enable lalu Yes. Setelah itu, isilah sesuai dengan deskripsi seperti contoh yang tertulis.

5. Kalau langkah satu sampai empat sudah selasai, klik save changes.

6. Terakhir, pada menu other, kalian bisa pilik tab berikut secara berturut-turut:

Short > No > No

Jika sudah, klik save change

Nah, itu dia cara setting standar SEO untuk Blogger. Cukup mudah bukan? Dengan ampilan blog yang menarik, konten yang bagus dan berkualitas, serta SEO yang sudah tersetting dengan baik, hal-hal tersebut bisa membantu Google untuk cepat mengindeks blog kita sehingga bisa tampil di halaman pertama Google. Pengunjung pun juga akan lebih banyak yang datang ke blog kalian.

Jika kamu ingin belajar tentang SEO atau website lebih dalam lagi, ikuti saja progam dari Campus Digital!

 

Hubungi Kami