Alicia Diahwahyuningtyas

Kontributor

2 tahun yang lalu


#takberkategori #STPmarketing

STP Marketing (Segmentation, Targeting, Posisioning)

2 tahun yang lalu - By Alicia Diahwahyuningtyas

Mengenal STP Marketing untuk bisnis - Di Indonesia masih banyak pembisnis yang sekarang ini masih menargetkan semua orang untuk menjadi target konsumen dalam bisnis mereka. Memang benar fakta bahwa semakin banyak konsumen maka semakin pula profit yang akan di raihnya, namun para pembisnis melupakan satu hal yang penting bahwa tidak semua orang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang sama dalam mengkonsumsi sesuatu. Hal ini berakibatkan pada strategi pemasaran mereka yang salah sasaran dan tidak sesuai dengan target pasar.

Maka dari itu penting bagi para pebisnis untuk menerapkan strategi pemasaran dengan menerapkan STP marketing. Strategi pemasaran ini sudah dijalankan oleh beberapa perusahaan besar di dunia dan terbukti berhasil.

STP marketing berfungsi untuk memudahkan kamu dalam menentukan segmentasi pelanggan dan calon pelanggan agar sesuai dengan target pasar. Selain itu, STP marketing juga memudahkan kamu untuk menentukan kebutuhan pelanggan sesuai dengan data demografis yang sudah direncanakan.

Penasaran Apa sih itu STP dan Bagaimana cara menerapkan di bisnis online? Yuk, simak penjelasan artikel di bawah ini!

Apa itu STP marketing?

STP adalah singkatan dari segmentation, targeting, dan positioning yang artinya yaitu STP marketing membagi strategi pemasaran menjadi menjadi tiga tahap.

Segmentasi Pasar

STP akan membantu kamu dalam membagi pasar ke kelompok yang lebih kecil dengan menggunakan karakteristik tertentu.

Menentukan Target Konsumen

Setelah melakukan segmentasi pasar, kamu bisa lebih mudah menentukan target konsumen yang tepat di dalam segmen pasar tadi. Kamu bisa mengelompokkan target konsumen sesuai bisnismu.

Memposisikan Bisnis di Pasar

Strategi terakhir ini adalah positioning yang berarti dapat membantu bisnis kamu di segmen pasar yang akan kamu tuju. Tujuannya agar konsumen bisa tertarik dan kamu bisa bersaing dengan kompetitor bisnis lainnya.

Mengapa strategi pemasaran dengan segmentasi, targeting, dan positioning perlu dilakukan? Metode segmentasi, targeting, dan positioning sangat bermanfaat dalam bisnis kamu, karena dengan menggunakan metode tersebut membuat strategi pemasaran yang kamu jalankan akan lebih efektif dan lebih terarah.

3 Langkah Penerapan STP Marketing

Segmentation

Segmentasi pasar adalah cara membagi target pasar yang jumlahnya luas menjadi ke dalam kelompok-kelompok kecil berdasarkan karakteristik tertentu.

Sebagai contoh kamu dapat membagi target pasar berdasarkan pada hal-hal yang di sukai konsumen. Bisa berdasarkan genre film komedi, action, maupun yang lainnya. Dengan melakukan segmentasi pasar ini kamu bisa lebih mudah menjalankan promosi bisnis produk dan jasa lain milikmu agar sesuai dengan segmentasi pasar yang telah kamu tentukan.

Memang hal ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan riset mendalam. Namun, jika kamu bisa menerapkan segmentasi pasar ini promosi yang kamu lakukan akan lebih menghemat uang, waktu, tenaga serta tepat sasaran dan efektif daripada melakukan promosi besar-besaran yang menargetkan semua orang menjadi konsumenmu.

Targeting

Pada tahap ini kamu harus dapat menentukan segmentasi pasar apa yang terbaik bagi bisnis milikmu. Nah untuk menentukannya terdapat tiga faktor yang perlu di pertimbangkan sebelum memilih target pasarnya.

1. Profitabilitas

Profit pastinya merupakan tujuan utama dari bisnis milikmu. Maka dari itu kamu harus bisa memastikan bahwa segmentasi yang ingin di capai memang menghasilkan profit yang bisa menguntungkan perusahaan milikmu.


2. Kemudahan Akses

Memilih pasar yang memberikan profit dan berpotensi besar tapi jika tidak bisa berjualan untuk apa? Maka dari itu kamu harus dapat memilih pasar yang bisa diakses dengan mudah bagi para konsumen bisnis milikmu perhatikan juga hal-hal yang bisa menghambat dan menghalangi akses ke pasar tersebut seperti adanya batasan teknologi, perbedaan budaya, atau hukum yang berlaku khusus di tempat itu.

Positioning

Tahap terakhir dalam STP marketing yaitu pada positioning. Positioning adalah bagaimana cara kamu dalam memposisikan atau menempatkan bisnis milik kamu pada sementasi pasar yang di tuju. Dengan kata lain kamu harus bisa menawarkan apa keunikan yang bisa membuat pelanggan memilih produk kamu dibandingkan dengan kompetitor lain ya sama-sama menjual produk yang sama.

Demikian penjelasan terkait STP Marketing yang bisa kamu terapkan dalam bisnis. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mengunjungi website kami di Campus Digital untuk mendapatkan update terbaru dari artikel ini.

Hubungi Kami