Raevita Andriessa

Kontributor

2 tahun yang lalu


#marketplace #wabsite

Strategi Digital Marketing: Tren di 2021

2 tahun yang lalu - By Raevita Andriessa

[caption id="attachment_9846" align="alignnone" width="580"] Strategi-strategi digital marketing ini sedang tren di tahun 2021![/caption]

Seiring berjalannya waktu, tentunya strategi Digital Marketing pun akan berevolusi dari waktu-ke waktu. Selain teknologi informasi dan komunikasi, tentunya perilaku konsumen juga dapat mempengaruhi perkembangan strategi Digital Marketing. Di tahun 2021 ini, para Digital Marketer sudah banyak menemukan cara unik untuk memasarkan produk ke para konsumen. Mari kita lihat strategi Digital Marketing apa saja yang penerapannya cukup umum di tahun ini!

Baca juga 6 Jenis Digital Marketing Bagi Pemula

Bantuan Kecerdasan Buatan (AI)

Penggunaan kecerdasan buatan atau yang kini terkenal sebagai Artificial Intelligence (AI) di tahun 2021 sudah merambah ke ranah Digital Marketing. Nyatanya, program tersebut mampu memprediksi pola sifat dan aktivitas konsumen secara individual. Teknologi AI terdapat pada fitur voice recognition untuk pencarian melalui suara pengguna. Kalian juga dapat menemukan teknologi ini di dalam sistem pengaturan algoritma di media sosial agar bisa mengetahui minat konsumen. Para perusahaan juga menggunakan AI dalam membuat fitur Chatbot sebagai jembatan untuk pelanggan kepada perusahaan yang berlaku seperti customer service.

Konten Interaktif dan Storytelling

Perusahaan-perusahaan, terutama yang merupakan perusahaan baru dan rintisan seringkali menggunakan strategi ini untuk mengetahui perilaku konsumen. Mereka membuat konten interaktif di media sosial dengan berbagai bentuk agar para audiens dapat merasakan keterikatan dengan brand. Adapun konten-konten yang sering mereka produksi antara lain adalah pelaksanaan polling di fitur Instagram Story, kuis kecil-kecilan, dan juga call to action di akhir caption postingan. Konten mereka seringkali menggunakan storytelling agar audiens lebih memahami konteks dari konten-konten yang mereka unggah dan seringkali berkesinambungan dengan unggahan lainnya.

Pemanfaatan E-Commerce

Penggunaan e-commerce sebagai tempat untuk melakukan transaksi barang dan jasa merupakan salah satu gaya hidup konsumen di tahun 2021. Di dalam layanane-commerce, mereka dapat membeli barang yang mereka inginkan dengan varian produk yang luas, dan tentunya memilkiki banyak metode pembayaran. Banyak perusahaan yang memanfaatkan platform e-commerce untuk menjadikan pusat kegiatan pemasaran produk. Strategi-strategi yang paling populer adalah dengan membuat paket hemat dari produk mereka dan juga membuat kode voucher diskon untuk menarik pembeli.

Ini dia strategi-strategi Digital Marketing yang sedang naik daun di tahun 2021. Pastinya, akan ada lebih banyak strategi-strategi yang lebih menarik muncul di tahun-tahun berikutnya. Pastinya, kalian semua harus menyiapkan diri dan belajar lebih banyak untuk dapat memanfaatkan tren Digital Marketing dengan baik. Untuk itu, mulailah belajar besama kami dari nol di Campus Digital dan dapatkan ilmu bermanfaat seputar pemasaran digital!

 

Hubungi Kami