Syifa Dhia Arina

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Strategi Iklan dengan Advertorial untuk Pemasaran

2 tahun yang lalu - By Syifa Dhia Arina

Strategi Iklan dengan Advertorial untuk Pemasaran

Strategi Iklan dengan Advertorial untuk Pemasaran – Pernahkah kamu membaca sebuah berita yang memuat informasi mengenai suatu produk? Bisa jadi yang kamu baca itu merupakan advertorial. Iklan advertorial sudah populer sejak dulu, sebelum boomingnya strategi pemasaran yang sekarang banyak digunakan yaitu digital marketing. Buat kamu yang penasaran dan ingin tahu lebih lanjut apa itu iklan advertorial, simak artikel ini dulu yuk!

Apa itu Advertorial?

Advertorial merupakan salah satu strategi untuk mempromosikan suatu jasa atau produk melalui iklan. Uniknya, produk atau jasa tersebut dipromosikan menggunakan bahasa jurnalistik. Sehingga, penawaran produk atau jasa dapat terkesan sangat halus. Iklan advertorial juga menjadi salah satu cara beriklan di era digital marketing yang mampu meningkatkan omzet perusahaan dengan efektif.                                         

Hal yang Harus Kamu Perhatikan untuk Membuat Advertorial

Pembuatan advertorial mengacu pada kaidah jurnalistik karena merupakan gabungan dari artikel editorial dan iklan. Sebuah advertorial harus memuat unsur 5W1H agar mampu menyampaikan iklan sekaligus memberikan informasi yang bermanfaat bagi audiensnya. Masih ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk membuat advertorial, seperti berikut ini.

1.     Media yang Kamu Gunakan untuk Mempublikasikan Advertorial

Menentukan media yang akan membantu kamu mempromosikan produk atau jasa merupakan hal yang penting. Banyak macam media yang bisa membantu kamu dalam hal advertorial misalnya seperti media online, majalah cetak, koran, dan berbagai media lainnya. Pilih lah media yang sesuai dengan image yang sudah melekat pada brand kamu. Kamu bisa memilihnya setelah membaca beberapa advertorial yang sudah pernah mereka buat dan merasa cocok dengan brandmu.

Baca juga Internet vs Digital Marketing: Persamaan dan Perbedaan

2.     Seberapa Panjang Advertorial yang Kamu Inginkan

Panjang artikel juga salah satu hal penting yang wajib kamu perhatikan. Pasalnya biaya yang kamu butuhkan akan semakin banyak apabila artikel yang dipublikasikan semakin panjang. Kemudian, artikel yang terlalu panjang juga akan mengganggu kenyamanan audiens jika kamu memilih mempublikasikan advertorial pada media online. Jadi, konsultasikan dulu sepanjang apa advertorial yang cocok untuk produk kamu dengan penulisnya ya!

3.     Pemilihan Judul Advertorial

Judul menjadi poin yang sangat penting dalam advertorial. Ada baiknya membicarakan topik apa yang akan dibahas dalam advertorial kepada penulis media terpilih. Sesuaikanlah produk atau jasa milik kamu dengan topik yang ada. Sampaikan ide kepada si penulis agar mereka dapat membuat judul advertorial yang tepat untuk produk atau jasa kamu.

4.     Kejelasan dari Informasi Kontak yang Tercantum dalam Advertorial

Advertorial juga memiliki call to action seperti jenis iklan lainnya. Namun, call to action pada advertorial biasanya sangat lembut dan terkesan tidak memaksa audiens untuk melakukan sesuatu. Adanya call to action dalam advertorial membuat informasi kontak yang jelas sangat lah penting seperti website brand terkait. Hal ini agar audiens dapat berkunjung ke website dan melakukan pembelian.

Gimana nih? Apa iklan advertorial cocok untuk mempromosikan brand kamu? Buat kamu yang butuh penjelasan lebih mengenai berbagai hal mengenai dunia digital marketing bisa join kursus Campus Digital. Yuk, lihat informasi selengkapnya di sini!

Hubungi Kami