Pendri Putra Permana

Publisher

1 tahun yang lalu


#dasar strategi pemasaran

Strategi Marketing Starbucks

1 tahun yang lalu - By Pendri Putra Permana

Tempat ngopi asal Amerika ini seringnya di temui di tempat tersebut karena menyasar target pasar menengah ke atas sesuai dengan harga yang mereka tawarkan. Lalu sebenarnya apa sih strategi marketing yang mereka gunakan untuk tetap mempertahankan posisinya? Simak penjelasan berikut ini yuk!

Baca Juga : Apa Itu Decoy Effect ?

Saat mendengar Starbucks mungkin langsung teringat dengan logonya yang berwarna hijau, logo ini di gunakan sebagai alat branding lo

Saat ini mungkin ada banyak kedai kopi baru yang memilih desain logo minimalis untuk mengenalkan brand-nya. Strategi Marketing Starbucks justru konsisten menggunakan logo klasik berupa ikan duyung bernama Siren walaupun desain tersebut sudah berubah sebanyak 4 kali selama 47 tahun. Walaupun simbol yang di gunakan memiliki konsep klasik namun dalam penerapannya mereka menciptakan segala sesuatu dengan kesan yang clean, modern, dan penuh filosofi yang bisa kamu perhatikan melalui tokonya, konten di media sosial, iklan, dan bahkan desain produk seperti tumblr yang mereka jual. Konsistensi ini yang membuat brand Starbucks makin melekat.

Harga yang tinggi dankualitas yang di tawarkan membuat para pelanggan merasa bangga bisa duduk santai di kedai kopi satu ini

Dari awal, Starbucks sudah menyasar mereka yang masuk ke kelas menengah ke atas sebagai pasarnya. Hal ini membuat para pelanggan mau membayar lebih bukan hanya untuk kopi premium yang mereka beli namun juga pengalaman berinteraksi bersama orang lain di tempat tersebut. Dengan adanya media sosial, kini banyak orang yang ingin menunjukkan kelas sosial mereka, salah satunya dengan nongkrong di kafe ini.

Walaupun harganya tinggi, Starbucks juga sering menawarkan promo untuk para pelanggan yang bikin kedai semakin ramai

Bagi mereka yang masih ragu-ragu untuk datang ke Starbucks karena harga yang kurang terjangkau, mendapatkan berita bahwa ada promo akan membuat mereka berbondong-bondong ke sana. Makanya Starbucks sering memberikan penawaran ini melalui media sosial atau memanfaatkan layanan lainnya untuk mengirim kupon.

Salah satu strategi marketing yang tak ketinggalan di bicarakan adalah gimmick–gimmick yang di lakukan

Nah, beberapa hal tersebut membuat Starbucks bertahan hinggakini bahkan ketika terjadi berbagai gempuran dari coffeeshop baru yang terus meningkat jumlahnya. Memberikan pengalaman yang konsisten, mempertahankan kualitas premium, memberikan promo, hingga strategi marketing starbucks di manfaatkan dengan baik oleh brand legendaris yang satu ini.

Program pelatihan dan pembelajaran praktis pemasaran digital. Anda akan belajar bagaimana merencanakan strategi penjualan hingga melakukan penjualan secara daring. Gabung Segera!

Hubungi Kami