Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

4 tahun yang lalu


#strategi #instagram

Strategi Mengoptimalkan Hashtag Instagram

4 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Instagram menjadi salah satu media sosial yang penting dalam melakukan strategi pemasaran dalam menjual produk ataupun jasa kepada para konsumen. Meskipun awalnya Instagram lahir sebagai sarana bermedia sosial, berbagi momen dengan foto dan video, namun seiring dengan perkembangannya Instagram justru menjadi sarana untuk mengeruk konsumen yang potensial dalam bisnis apapun. Ya, kamu tidak salah membacanya apapun bisnisnya sekarang bisa menggunakan Instagram sebagai sarana sosial media marketing.

Salah satu fitur yang menarik dalam Instagram adalah penggunaan hastag baik dalam postingan feed, stories, caption dan sebagainya. Penggunaan hastag ini sebagai pengelompokan akan suatu pembahasan yang sama. Maka, penggunaan hastag dalam menjalankan strategi pemasaran melalui Instagram tidak boleh diabaikan bahkan boleh dikatan sebagai salah satu bagian vital saat menjangkau engagement yang luas untuk memasarkan produk yang kamu miliki. Lalu bagaimana cara mengoptimalkan hastag untuk bisnis yang sedang kamu jalani? Berikut ini Strategi mengoptimalkan hastag instagram untuk bisnis yang bisa anda lakukan antara lain :

Peletakan hastag

Meletakan hastag tidak bisa disembarang tempat, perlu diperhatikan hendak dimana kamu akan meletakan hastag yang akan kamu buat. Untuk lebih memudahkan kamu dalam meletakan hastag yang akan dibuat. Ada lima macam jenis hastag yang bisa kamu implementasikan. Yang pertama, Branded Hastag (ini dipasang di profil dan setiap post instagram). Hastag ini digunakan untuk mempopulerkan nama brand, maupun value yang diberikan. Jangan lupakan disetiap post menggunakan branded hastag didalamnya. Yang kedua, contest hastag ( seperti namanya ini apabila kamu ingin menggunakan suatu event atau kontes) misalkan #giveaway #promo #spesialtoday dsb.

Untuk hastag yang ketiga adalah general appeal hastag. Ini yang paling poluler digunakan, hastag jenis ini memberikan kita jangkauan yang luas, ciri yang bisa dilihat penggunaanya sampai ratusan ribu kali. Yang keempat, niche-spesifik hastag (seperti namanya hastag ini menjadi kata kunci khas dari pemirsa yang ditargetkan, misal bila anda mentargetkan para pecinta anime maka hastag #animelover bisa dijadikan sebagai hastag yang dipakai untuk post yang anda buat. Dan terakhir timely hastag (hastag ini digunakan untuk peristiwa tertentu yang sedang atau akan terjadi misal #ramadhan #natal #hutri dsb.

Hastag relevan dengan postingan

Copywriting yang baik akan menghasilkan closing dan transaksi dalam bisnis. Itulah tujuan sebenarnya dari penggunaan media sosial sebagai bagian dari strategi marketing, Instagram tentu didalamnya. Sebagaimana diketahui hastag merupakan pengelompokan dari topik yang sama. Maka dalam memilih hastag yang dipakai pun hendaknya sesuai dengan sasaran konsumen yang sudah ditargetkan. Misal restoran mie, penggunaan hastag #pecintamie #sobatmie bisa menjadi opsi yang relevan sesuai dengan postingan yang dibuat.

Baca juga 3 Trik Jualan di Instagram Bagi Pemula

Perhatikan jumlah kiriman setiap tagar yang dibuat

Hastag yang dibuat biasanya sudah ada yang membuat sebelumnya. Maka perhatikan hastag yang akan digunakan sudah digunakan berapa kiriman didalamnya. Jangan gunakan yang penggunaan sedikit, namun jangan pula yang terlalu banyak. Gunakan range pertengahan agar lebih efektif.

Atur hastag sesuai dengan topik, minat, merek, industri, khalayak, dsb.

Kemudahan hastag harus bisa dioptimalkan. Ibarat kata akan memanah, maka harus spesifik dan tepat sasaran panah akan dilepaskan, begitujuga dengan hastag, atur kembali hastag yang anda buat agar sesuai dengan topik, minat, merek, industry, khalayak maupun apapun itu yang menjadi target pasar kamu.

Jumlah hastag jangan terlalu banyak

Hastag memang efektif dalam menjangkau konsumen yang menjadi target dari produk kita, namun penggunaan hastag juga perlu diperhatikan. Jangan terlalu banyak, maksimal 30 hastag. Namun, menurut hasil sebuah riset menyebutkan bahwa hanya 8-11 hastag saja yang optimal dilihat oleh para pemirsa.

Pelajari artikel lainnya DISINI

Hubungi Kami