Herlinda Nur

Kontributor

2 tahun yang lalu


#seo #belajar SEO # digital marketing # pemasaran digital #bisnisonline #belanjaonline # bisnis online untuk mahasiswa

Strategi Pemasaran Belum Berhasil? Coba Pakai SEO!

2 tahun yang lalu - By Herlinda Nur

Strategi Pemasaran Belum Berhasil? Coba Pakai SEO!

Sudah mencoba berbagai cara dalam strategi pemasaran tapi belum berhasil? Sudah coba menggunakan SEO? Karena mungkin saja anda belum berhasil itu penyebabnya adalah salah dalam memilih channel yang tepat untuk melakukan strategi pemasaran. Biar tidak salah memilih, yuk kita simak dan pelajari mengenai salah satu cara dalam strategi pemasaran yaitu dengan menggunakan SEO atau Search Engine Optimization.

SEO adalah

Sebelum mempelajari lebih lanjut, kita cari tahu dulu yuk apa sih SEO itu? Jadi, SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan strategi pengoptimalan website untuk mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian teratas dalam mesin pencari (google). Optimasi SEO sendiri sangat bergantung pada mesin pencari.

Fungsi SEO

Fungsi SEO adalah meningkatkan traffic website secara pelan tapi pasti. SEO dapat membawa traffic website yang nantinya dapat dipertahankan oleh google jika berhasil dilakukan. Dan juga akan mendapatkan brand awareness yang nantinya akan semakin banyak calon konsumen yang mengunjungi website anda.

Beberapa panduan SEO untuk pemula

  1. Melakukan riset keyword.
  2. Hal yang pertama anda lakukan yaitu melakukan riset untuk menentukan keyword seperti apa yang sering orang cari di mesin pencari. Hal tersebut dapat dilakukan menggunakan Google Adwords yaitu Keyword Tools yang bisa anda akses secara gratis.
  3. Menggunakan domain yang berisikan keyword.
  4. Cara tersebut cukup membantu mesin pencari dalam mencari website anda yang sesuai dengan keyword.
  5. Membuat konten yang berkualitas
  6. Tidak hanya fitur fitur SEO saja yang menjadi penyebab berhasilnya strategi pemasaran anda. Namun, konten yang menarik dan berkualitas juga menjadi salah satu cara supaya mendapatkan brand awareness dari calon konsumen. Tentu saja konten tersebut harus berisikan hasil riset keyword sebelumnya.
  7. Membangun backlink.
  8. Pada dasarnya backlink adalah tautan pada sebuah halaman website yang mengarah ke situs lain. Keuntungan dari backlink yaitu dapat meningkatkan exposure website anda, mempermudah website anda terindeks di mesin pencari, dan dapat membangun hubungan dengan situs lain.
  9. Baca juga: Apa yang disebut Backlink? Yuk kita simak
  10. Jangan lupa menambahkan gambar.
  11. Menambahkan gambar dalam website anda merupakan hal penting karena dapat menarik perhatian pengunjung website anda. Dengan melakukan optimasi pada setiap gambar yang anda unggah dengan menyisipkan Title tags, ALT, dan menamai file gambar sesuai keyword SEO. Alt tag memberikan deskripsi gambar yang lebih baik untuk crawler di mesin pencari. Hal ini dapat membantu pemilik web untuk mengindeks gambar dengan benar.

Nah itu dia beberapa penjelasan dan tahapan awal jika anda ingin menggunakan SEO dalam strategi pemasaran untuk bisnis anda. Sudah puas? Jika belum, kamu bisa mendaftar di Campus Digital sehingga bisa mempelajari lebih dalam lagi. Untuk registrasi bisa klik disini.


Hubungi Kami