Kariena Andiniyar

Kontributor

3 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite #trik & tips

Strategi Pemasaran: Konsep Dasar!

3 tahun yang lalu - By Kariena Andiniyar

Setelah membuat atau bahkan akan membuat sebuah bisnis, perlu sekali mempertimbangkan strategi pemasaran dalam perencanaan bisnis tersebut. Hal ini karena pemasaran adalah tombak pertama dalam memperoleh laba. Lalu apa itu strategi prmasaran dan bagaimana cara membuatnya? Simak di bawah ini!

Apa itu Strategi Pemasaran?

Strategi pemasaran mengacu pada keseluruhan rencana permainan bisnis untuk menjangkau calon konsumen dan mengubah mereka menjadi pelanggan produk atau layanan mereka. Maka dari itu, harus berisi proposisi nilai perusahaan, pesan merek utama, data tentang demografi pelanggan sasaran, dan elemen tingkat tinggi lainnya.

Strategi pemasaran yang menyeluruh mencakup "4P": produk, harga, tempat, dan promosi. Strategi ini pun juga harus berkisar pada proposisi nilai perusahaan.

Photo by fauxels from Pexels

Selain itu harus berisi mengenai cara mengomunikasikan kepada konsumen apa yang perusahaan perjuangkan, bagaimana perusahaan beroperasi, dan mengapa itu layak untuk bisnis mereka. Dengan begitu, harus ada tim pemasaran dengan template yang menginformasikan inisiatif mereka di semua produk dan layanan perusahaan. Misalnya, Walmart yang terkenal luas sebagai pengecer diskon dengan "harga murah setiap hari". Oleh karena itu, Walmart mengoperasikan bisnis dan upaya pemasarannya berakar pada gagasan tersebut. Lebih singkatnya adalah sebuah slogan yang menggambarkan nilai perusahaan.

Perbedaan Strategi Pemasaran dan Rencana Pemasaran

Strategi pemasaran menginformasikan rencana pemasaran, yang merupakan dokumen berisi rincian jenis kegiatan pemasaran tertentu yang dilakukan perusahaan dan berisi jadwal untuk meluncurkan berbagai inisiatif pemasaran.

Strategi pemasaran idealnya memiliki rentang hidup yang lebih lama daripada rencana pemasaran individu karena mengandung proposisi nilai dan elemen kunci lainnya dari merek perusahaan, yang umumnya tetap konstan dalam jangka panjang. Dengan kata lain, strategi tersebut mencakup pesan gambaran besar, sementara rencana pemasarannya menggambarkan detail logistik kampanye tertentu.

Akademisi terus memperdebatkan arti yang tepat dari strategi pemasaran, dan ada banyak definisi. Kutipan dari pakar industri berikut membantu mengkristalkan nuansa strategi pemasaran (modern):

  • "Satu-satunya tujuan pemasaran adalah menjual lebih banyak kepada lebih banyak orang, lebih sering, dan dengan harga lebih tinggi." (Sergio Zyman, eksekutif pemasaran dan mantan pemasar Coca-Cola dan JC Penney)
  • "Pemasaran bukan lagi tentang barang yang Anda buat, tetapi tentang cerita yang Anda ceritakan." (Seth Godin, mantan eksekutif bisnis, dan pengusaha)
  • "Tujuan pemasaran adalah untuk mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau layanan cocok untuknya dan menjual dirinya sendiri." (Peter Drucker, sebagai pendiri manajemen modern)
  • “Pekerjaan pemasaran tidak pernah selesai. Ini tentang gerakan abadi. Kami harus terus berinovasi setiap hari.” (Beth Comstock, mantan wakil ketua dan kepala pemasaran, GE)
  • "Ambil dua ide dan satukan untuk membuat satu ide baru. Lagi pula, apa itu Snuggie selain mutasi selimut dan jubah?" (Jim Kukral, pembicara dan penulis Attention!)

Pembuatan Strategi Pemasaran

Tujuan akhir dari strategi ini adalah untuk mencapai dan mengkomunikasikan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan atas perusahaan pesaing dengan memahami kebutuhan dan keinginan konsumennya. Baik itu desain iklan cetak, kostumisasi massal, atau kampanye media sosial, aset pemasaran dapat dinilai berdasarkan seberapa efektifnya mengomunikasikan proposisi nilai inti perusahaan.

Riset pasar dapat membantu memetakan kemanjuran kampanye tertentu dan dapat membantu mengidentifikasi audiens yang belum dimanfaatkan untuk mencapai tujuan bottom-line dan meningkatkan penjualan.

Seperti Apa Strategi Pemasaran Itu?

Strategi pemasaran akan merinci kampanye periklanan, penjangkauan, dan PR yang akan perusahaan lakukan, termasuk bagaimana perusahaan akan mengukur efek dari inisiatif ini. Mereka biasanya akan mengikuti "empat P". Fungsi dan komponen rencana pemasaran meliputi:

  • Riset pasar untuk mendukung keputusan penetapan harga dan entri pasar baru
  • Pesan khusus yang menargetkan demografi dan wilayah geografis tertentu
  • Pemilihan platform untuk promosi produk dan layanan—digital, radio, Internet, majalah perdagangan, dan campuran platform tersebut untuk setiap kampanye
  • Metrik yang mengukur hasil upaya pemasaran dan jadwal pelaporannya

 Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi Campusdigital

Hubungi Kami