Alicia Diahwahyuningtyas

Kontributor

2 tahun yang lalu


#yotubeads #strategipemasaraan

STRATEGI PEMASARAN MELALUI YOUTUBE ADS

2 tahun yang lalu - By Alicia Diahwahyuningtyas

STRATEGI PEMASARAN MELALUI YOUTUBE ADS

YouTube Ads | YouTube Advertising | How To Run YouTube Ads 2019 | You…

YouTube adalah aplikasi yang berbasis online yang dapat menampilkan konten video. Sekarang ini sudah lebih dari 1 miliar jam pengguna menonton video di YouTube setiap harinya. Dengan penggunaan YouTube yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat ini menjadikan YouTube sebagai salah satu media yang sangat cocok di gunakan bagi perusahaan dan pembisnis untuk melakukan pemasaran melalui YouTube Ads. Bagaimana cara memanfaatkan YouTube Ads untuk mempromosikan bisnis?

Mengetahui Jenis-Jenis YouTube Ads

YouTube Ads memiliki beberapa jenis yang dapat di gunakan untuk memasarkan bisnis. Jenis-jenis YouTube Ads paling populer dan banyak di gunakan adalah Trueview, Preroll dan Bumpers. Trueview merupakan iklan yang paling banyak di gunakan, pembayaran iklan hanya di lakukan ketika penonton melihat atau berinteraksi dengan iklan yang di buat. Bumpers merupakan iklan video yang durasinya 6 detik di awal video utama, durasi singkat ini membatasi informasi yang dapat di muat dalam iklan. Sedangkan untuk iklan Preroll adalah iklan yang tidak dapat di skip dan bisa di play sebelum atau setelah video utama di putar. Bisanya iklan ini berdurasi 15-20 detik. Oleh karena itu sangat penting untuk membuat konten menarik yang dapat memanfaatkan durasi singkat tersebut secara efektif.

Mengetahui Karakter Target Audience

Setelah mengetahui jenis YouTube Ads, langkah selanjutnya yang harus di lakukan adalah mencari tahu karakter target audience dan ketertarikan mereka. Misalnya saja ketertarikan pada fashion, makanan, kesehatan, kecantikan, film, dan masih banyak lagi. YouTube juga terhubung dengan Google di mana kamu dapat melihat siapa saja dan bagaimana karakteristik pencari terhadap topik tertentu. Hal ini dapat membantu kamu dalam mengarahkan iklan tersebut kepada target audience. Maka dari itu, video yang sesuai dengan ketertarikan pengguna YouTube dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap brand atau produk sampai terjadinya interaksi, seperti menekan tombol pada iklan.

Baca juga Media Sosial sebagai Saluran Pemasaran Digital

Perhatikan Adwords Pada YouTube Ads

Langkah selanjutnya adalah kamu perlu memperhatikan Adwords yang di gunakan pada YouTube Ads. Tujuannya supaya anggaran kampanye iklan dapat di gunakan secara efektif dan efisien. Setelah itu, kamu perlu memperhatikan statistik iklan dan melihat faktor apa saja yang membuat performa iklan rendah. Sehingga dengan begitu kamu bisa menghilangkan faktor tersebut. Ketiga, penggunaan custom thumbnail pada iklan bisa menarik perhatian konsumen. Hal terakhir yang harus kamu perhatikan adalah dengan membuat call to action, dengan mencantumkan link di mana konsumen dapat segera mengakses produk yang di iklankan.

Pada umumnya konten visual merupakan konten yang efektif dalam upaya menyampaikan pesan atau informasi. Seiring dengan perkembangan teknologi, konten visual adalah cara yang paling banyak di pakai untuk kebutuhan pemasaran dan konten yang menarik dapat meningkatkan minat beli konsumen secara efektif.

Jika kamu tertarik untuk mempelajari strategi digital marketing lebih lanjut bisa bergabung bersama kami di kursus Campus Digital. Yuk segera daftarkan dirimu!

Hubungi Kami