Tasya Billa

Kontributor

2 tahun yang lalu


#trik & tips # blog #blogger

Syarat Blog Dapat Menghasilkan Uang

2 tahun yang lalu - By Tasya Billa

Blog dapat menghasilkan uang

Blogging adalah cara terbaik untuk mengubah hobby menulis Anda menjadi bisnis.

Internet yang hebat telah memberikan kita sesuatu yang baru di mana Anda dapat menghasilkan uang secara online melalui berbagai metode, termasuk blogging.

Blog yang sukses ini menghasilkan uang dari iklan bersponsor seperti spanduk, posting, dan metode lainnya.

Semua hal baik membutuhkan waktu dan blogging juga membutuhkan banyak konsistensi dan kesabaran sebelum menghasilkan penghasilan yang besar.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membuat blog Anda sukses maka Anda perlu membangun blog Anda dan memperluas pembaca blog Anda yang kuat dengan menerbitkan konten berkualitas tinggi yang dapat mendidik dan menginspirasi pembaca Anda.

Mengapa menghasilkan uang dari blog ketika Anda memiliki banyak media sosial ?

Alasan utamanya adalah Anda bukan pemiliknya !

Anda dapat memiliki akun tempat Anda dapat memposting sesuatu, tetapi Anda tidak memiliki kendali penuh atas akun Anda. Jika situs media sosial ditutup untuk selamanya, maka akun Anda akan mengikutinya, begitu juga postingan Anda. Semua usaha dan waktu yang Anda investasikan menjadi sia-sia.

Tetapi jika Anda memiliki blog sendiri, Anda adalah pemiliknya. Hal ini seperti membeli tempat di dunia internet dan membangun rumah di atasnya. Blog juga tetap terlihat untuk waktu yang lebih lama, tidak seperti posting media sosial di mana setiap detik feed Anda berubah. Oleh karena itu, saya selalu lebih suka blog.

Jika Anda memiliki blog dan bertanya-tanya apa saja syarat untuk blog dapat menghasilkan uang ? Maka artikel ini dapat membantu Anda.

Mari kita lihat mereka!

Baca juga mengenai : Cara Sukses Berjualan di Facebook Marketplace

Memilih Topik Blog

Langkah pertama untuk membuat blog adalah memilih topik yang potensial untuk menghasilkan banyak uang. Namun, jika Anda memprioritaskan fakta monetisasi sebelum hasrat atau keterampilan Anda, Anda mungkin akan segera kehilangan minat. Oleh karena itu, para ahli selalu merekomendasikan untuk memilih topik yang Anda sukai. Misalnya, jika Anda memiliki menyukai berkebun, Anda dapat memulai blog dengan topik Alat Berkebun. Jika Anda menyukai topik Anda, maka blogging akan terasa seperti hiburan.

Kemampuan Menulis Blog

Memulai blog tidak diharuskan untuk memiliki kemampuan menulis dengan tingkat "pro". Tetapi sebagai Anda harus selalu meningkatkan kemampuan menulis Anda untuk memiliki kesempatan menulis posting blog yang berkualitas. Cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan menulis Anda saat ini adalah dengan membaca dan menulis. Semakin banyak Anda berlatih, semakin Anda dapat mempelajari bahasa dan mengekspresikan pikiran Anda dalam bentuk kata-kata dengan cara yang lebih kuat.

Selain itu, Anda perlu meningkatkan tingkat pengetahuan Anda tentang topik blog Anda sehingga tulisan Anda di postingan blog menjadi lebih informatif bagi pembaca. Untuk meningkatkan pengetahuan, Anda harus membaca buku terkait topik blog Anda, Anda juga dapat mengambil kursus gratis atau berbayar, di mana instruktur dapat menawarkan panduan tentang teknik efektif untuk menulis kreatif.

Memilih Platfrom Blogging

Anda dapat membuat blog dalam beberapa menit tanpa keahlian pemrograman dan tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Bisakah Anda mempercayainya? Ya, beberapa platform, seperti blogger.com atau wordpress.com menawarkan Anda kesempatan emas ini untuk membuat blog gratis. Anda dapat membuat blog dalam beberapa menit tanpa keterampilan teknis apa pun. Namun, platform blogging gratis memiliki beberapa keterbatasan seperti ruang hosting yang terbatas, jumlah tema yang terbatas, kurangnya plugin, dll.

Untuk membuat blog Anda dapat memilih CMS (Content Management System) seperti WordPress. Platform CMS populer ini menawarkan banyak tema dan plugin gratis. Anda dapat menginstal salah satu dari tema dan plugin ini di blog Anda tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun. Namun, tema dan plugin gratis memiliki batasan. Selain itu, Anda dapat membeli tema blog yang sesuai.

Meningkatkan Traffic Blog

Traffic blog menunjukkan pengunjung atau audiens blog Anda. Blog Anda akan menghasilkan uang ketika audiens mengklik iklan yang ada di dalam blog Anda.

Untuk menghasilkan uang, Anda harus menarik pengunjung ke blog Anda. Anda perlu membedakan dari sumber mana Anda dapat menarik audiens. Ketika blog Anda mendapatkan lalu lintas dari mesin pencari seperti Google. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan layanan iklan berbayar di Google atau media sosial untuk menarik lalu lintas ke blog Anda. Biaya menggunakan layanan berbayar tergantung pada persaingan kata kunci atau frasa tertentu yang ingin Anda tarik lalu lintasnya dari Google.

Menggunakan Teknik SEO

Ketika seseorang menuliskan kata kunci di kotak pencarian mesin pencari mana pun, maka halaman SERP (Search Engine Result Pages) akan menyajikan sejumlah hasil yang relevan berdasarkan algoritmanya. Jika postingan blog Anda mendapat posisi di halaman pertama mesin pencari untuk kata kunci tertentu, maka hal tersebut dapat meningkatkan traffic blog Anda. Hal tersebut karena Google adalah mesin pencari nomor satu saat ini, Anda perlu bekerja untuk membuat posting blog Anda terlihat di SERP Google.

Anda harus menerapkan Teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk blog serta posting blog untuk mendapatkan peringkat di SERP Google. Anda dapat mempelajari ahli SEO atau menyewa ahli SEO untuk melakukan SEO untuk blog Anda.

Membangun Daftar Email Anda

Selain metode yang sudah dijelaskan diatas, ada beberapa sumber lain untuk membawa pembaca ke blog Anda. Misalnya, Anda dapat meminta pengunjung blog Anda untuk berlangganan melalui email. Ketika Anda berhasil membuat daftar email, maka Anda dapat mengirim email ke pelanggan Anda mengenai posting, produk, atau layanan terbaru Anda.

Anda dapat mempelajari teknik pemasaran email. Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak gratis atau berbayar untuk pemasaran email. Jika anggaran Anda memungkinkan, sewalah pakar pemasaran email, yang dapat melakukan pekerjaan ini secara profesional.

Tak terasa kita sudah ada dihampir penghujung artikel syarat blog dapat menghasilkan uang ini, jika Anda suka membaca tulisan ini silahkan share di media sosial yang kamu dan jangan sungkan untuk memberikan komentar.

Semoga setelah membaca artikel ini ada manfaat yang bisa kamu dapatkan. Tetap semangat untuk memulai karir Anda !

 Jika ingin mengenal jauh tentang blog bisa kunjungi Campusdigital dan daftarkan sekarang 

Hubungi Kami