Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

4 tahun yang lalu


Tahapan Melakukan Studi Kelayakan Bisnis

4 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Ketika akan memulai suatu bisnis, kita pasti akan melakukan perencanaan serta membuat beberapa pertimbangan terkait bisnis apa yang nantinya akan dijalankan. Yang paling utama tentu saja sebagai pertimbangan adalah apakah akan menghasilkan profit atau tidak, serta mampu bertumbuh ataupun tidak. Dan langkah awal yang dilakukan adalah melakukan studi kelayakan bisnis. Study kelayakan bisnis digunakan untuk mengetahui apakah bisnis tersebut layak dijalani ataupun tidak, untuk melakukannya diperlukan beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis dalam studi kelayakan bisnis. Adapun tahapan-tahapan yang harus dilakukan antara lain :

1. Penemuan Ide

Bisnis tidak akan dijalankan jikalau tidak memiliki ide bisnis apa yang ingin dikembangkan. Tahapan awal ini menentukan beberapa ide bisnis yang memiliki prospek kedepannya. Diantara beberapa ide bisnis yang dimiliki tentu harus dipilih salah satu yang akan dieksekusi kedalam bisnisnya. Untuk memilihnya tentu saja diperlukan beberapa pertimbangan dari yang bersifat teknis sampai kepada laba yang didapatkan serta bagaimana ketahanan bisnis nantinya dipasaran. Ide bisnis yang baik adalah ide bisnis yang bisa direalisasikan sesuai dengan kondisi yang ada saat ini.

Baca juga Beberapa Aplikasi Mahasiswa Hukum


2. Tahap Penelitian

Ketika ide bisnis sudah ditentukan mana yang akan dieksekusi. Selanjutnya dilakukan analisa yang mendalam dan lengkap dengan menggunakan metode ilmiah. Tahapan penelitian sendiri meliputi mengumpulkan berbagai macam data informasi yang dibutuhkan, kemudian mengolah data yang ada dengan teori yang relevan, menganalisis dan menginterprestasikan hasil dari penelitian yang sudah dilakukan. Untuk selanjutnya disimpulkan dan membuat laporan dari hasil penelitian tersebut.

3. Evaluasi

hasil penelitian yang sudah dibuat tersebut kemudian dilakukan evaluasi. evaluasi dilakukan dengan membandingkan beberapa kriteria yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. terutama terkait dengan biaya yang dikeluarkan serta manfaat yang akan diperoleh nantinya. hasil evaluasi ini akan membuat kita mengetahui beban biaya, serta keuntungan yang bisa dijadikan untuk membangun usaha lebih maju.

4. Perencanaan

Tahap selanjutnya adalah membuat rencana bisnis. Tentu saja kita perlu membuat beberapa rencana bisnis yang akan dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menilai mana rencana bisnis yang paling tepat untuk dilakukan. Memilih rencana bisnis terbaik akan menentukan kemajuan yang akan didapatkan oleh bisnis anda. setelah memilih rencana bisnis yang akan dilakukan, selanjutnya membuat rencana kerja terkait dengan proses realisasi dari rencana pembangunan bisnis Anda. Hal ini agar rencana tersebut bisa dieksekusi sesuai dengan yang direncanakan agar bisa memperoleh hasil bisnis yang maksimal.

5. Pelaksanaan

Setelah semua rencana tersebut dibuat, untuk fase terakhir maka melaksanakan semua rencana yang sudah disusun berdasarkan data dan juga informasi. Jika proses pengembangan bisnis dapat berjalan dengan lancar, maka tahap selanjutnya hanyalah tinggal melakukan operasional bisnis secara berkelanjutan. Dan tetap memantau perkembangan dari semua tahapan yang sudah dijalankan. Dengan demikian semua rencana dapat dikontrol dan diketahui kendala apa saja yang muncul pada saat proses berjalan.

Jika kamu tertarik untuk membuat blog bisnis profesional, kamu bisa mengikuti kursus di Campus Digital.



Hubungi Kami