Alizha Alkhanza

Kontributor

2 tahun yang lalu


#trik & tips #marketplace #seo

Tahukan Anda, Cara Melihat Insight di Facebook?

2 tahun yang lalu - By Alizha Alkhanza

Banyak berbagai keunggulan yang datang untuk kalian dapatkan ketika salah satu media sosial, yaitu Facebook merilis sebuah Facebook Insight. Facebook Insight merupakan sebuah alat yang sangat kuat untuk melacak interaksi pada pengguna Facebook. Facebook Insight hanya dapat kamu lihat melalui halaman admin yang artinya hanya kamu seorang yang dapat melihat insight tersebut. Hal itu berfungsi untuk melihat hasil kinerja atau pertunjukkan melalui fanpage yang kamu miliki.

Dengan menggunakan Facebook Insight, kamu akan melihat dan mengetahui kapan serta waktu yang tepat untuk kamu melakukan posting satu hari. Bahkan, juga dapat mengetahui hari apa yang terbaik dalam waktu satu minggu serta postingan seperti apa yang paling banyak orang lain sukai. Bagian terpenting lainnya yang kamu dapatkan, yaitu Facebook Insight mencatat sebuah fenomena penting yang terjadi melalui fanpage kita. Hal itu termasuk dalam perkembangan yang terjadi serta pola yang terbentuk karenanya, maka dari itu dapat menjadikan sebuah efek viral yang sangat maksimal untuk kamu lakukan.

[caption id="" align="aligncenter" width="375"]Contoh Facebook Insight Contoh Facebook Insight[/caption]

Cara Menggunakan Facebook Insight?

Kamu dipersilahkan untuk masuk ke dalam halaman admin melalui fanpage yang sedang kamu kelola, kemudian temui kolom "insight" di atas cover page dan klik "see all". Selanjutnya, pada bagian bawah, kamu akan mendapatkan beberapa kolom yang isinya adalah statistik mengenai postingan.

Baca juga: Panduan Awal Menggunakan Facebook Insight

Reach?

Hal ini lebih mengindikasikan pada berapa banyak jumlah orang yang melihat postingan yang kamu buat melalui desktop atau mobile. Jangka waktu untuk hal ini adalah 28 hari setelah waktu posting. Apabila kamu ingin melihat darimana viewer itu, kamu dapat mengklik bagian angka yang terletak di reach. Maka, akan terdeteksi apakah viewer memang berasal dari organik, paid (hasil iklan) atau viral.

Engaged User?

Untuk mendeteksi berapa jumlah pengunjung yang melakukan klik melalui postingan yang kamu buat. Hal ini dapat terjadi karena postingan tersebut akan muncul di newsfeed.

Talking About This?

Definisi dari hal ini lebih ke berapa banyak orang yang menciptakan story dari postingan kamu. Story tersebut mencakup, seperti berapa banyak orang yang melakukan share, like atau komentar di post kamu, mengklaim tawaran (apabila kamu memakai offer sebagai postingan), merespon sebuah event yang kamu buat (apabila postingan kamu berupa event), dan menjawab suatu pertanyaan (apabila postingan kamu berupa polling).

Virality?

Berapa persentase dari jumlah pengunjung yang menciptakan story dengan orang lain yang melihat story kamu. Hal itu merupakan sebuah turunan dari unique viewers yang ada.

Cara perhitungannya adalah jumlah orang yang Talking About This dibagi dengan Reach. Maka, semua skor Virality yang lebih dari 3% merupakan execellent.

Facebook Insight sangat memberikan sebuah sudut pandang kepada pengelola fanpage mengenai konsep viral yang facebook built-up. Hal ini terlihat jelas, bagaimana demografi orang lain yang melakukan like pada fanpage kita. Lebih dari itu juga, Facebook Insight mengkalkulasi trending topik apa yang sedang banyak orang gemari atau minati.

 Kunjungi juga di Campus Digital 

Hubungi Kami