Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

2 tahun yang lalu


The Power of Branding

2 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Saat anda ingin membeli air mineral di salah satu minimarket, brand apa yang pertama kali terlintas di pikiran anda? 100% jawabannya aqua, atau malah menyebut aqua saat membeli air mineral meski yang dikasih adalah merk lain. Atau contoh lain saat anda membeli sebuah baju yang tanpa merk, anda akan mendapati harganya dibawah 100 ribu, namun apabila sudah ada merk yang tertanam maka harganya bisa naik 10x, 50x, atau bahkan 100x dibandingkan harga baju yang tanpa merk.

Kenapa bisa begitu? Jawabannya karena produk yang ditawarkan sudah dibranding dengan keunikan ataupun ke khasan masing-masing. Dengan branding kita akan mendapti produk yang kita tawarkan harganya berkali-kali lipat dibandingkan tanpa merk atau bahkan merk kita menjadi asosiasi dari sebuah produk speerti aq*a dengan air mineral dan sebagainya. Begitu dahsyatnya kekuatan dari branding ini, mampu meningkatkan value dari produk yang kita tawarkan, selain itu apa sih yang menjadi kekuatan dari branding itu sendiri?

1. Menjadi pembeda atau ciri khas

Saat anda membranding produk yang ditawarkan, anda pasti akan membranding apa sih yang membedakan produk anda dengan produk lain yang sejenis. Dengan branding pelanggan akan memudahkan dalam membedakan antara satu brand dengan brand yang lainnya. Brand sendiri semacam identitas yang ada dalam produk yang ditawarkan. Baik dalam bentuk logo, kemasan, maupun rasa khas dari produk yang anda tawarkan. Makin beda atau makin memiliki ciri khas tersendiri maka akan semakin membekas dalam ingatan pelanggan yang ingin membeli produk tersebut.

Baca Juga Membangun Brand Itu Mudah

2. Meningkatkan value

Seperti yang sudah disampaikan di pembukaan artikel ini bagaimana dengan branding yang tepat dan kuat mampu meningkatkan nilai jual dari produk tersebut. Tidak tanggung-tanggung sampai ratusan kali lipat dibandingkan produk yang brandingnya masih lemah atau malah tidak memiliki brand tersendiri. Hal ini bisa dibuktikan saat membeli produk yang sudah bermerek jauh lebih mahal dibandingkan yang tidak memiliki merek, padahal barang yang dijal sama, rasanya sama namun hanya karena merek ini ,membuat selisih harga menjadi sangat jauh berbeda. anda perl membranding produk anda agar memiliki value yang tinggi.

3. Membangun kredibilitas dan persepsi pelanggan

Ketika anda ingin membeli sebuah produk biasanya anda menanyakan brand.a apa sih, kalau bukan Brand A kamu ga bakalan mau, karena anda merasa bahwa produk dengan brand A merupakan yang terbaik di kelasnya. Anda sangat percaya terhadap segala produk yang dikeluarkan brand A meskipun harganya tidak masuk akal karena kredibilitas dari produk yang dikeluarkan merupakan yang terbaik di kelasnya.

4. Mendapatkan pelanggan yang loyal

Banyak orang yang maniak terhadap produk brand tertentu, bahkan rela mengantri sejak dini hari agar mendapatkan produk tersebut saat launching. Ingat saat orang-orang mengantri untuk membeli produk daro iphone meski harganya selangit namun mereka rela antri sejak lama demi bisa merasakan produk tersebut yang pertama kalinya. Nah begitulah mengerikannya dari branding, mampu membuat pelanggannya menjadi loyal terhadap produk yang di keluarkan oleh brand tertentu. Karena mereka sudah terlanjur percaya akan kualitas dari prodk tersebut sehingga membuat mereka tidak mudah berpaling dengan yang lainnya.

Hubungi Kami