Yunita Riski

Kontributor

2 tahun yang lalu


#sosial media

TikTok Sebagai Media Promosi? Hindari Kesalahan Berikut

2 tahun yang lalu - By Yunita Riski

TikTok telah menjadi media promosi yang menggiurkan dan telah banyak memberikan manfaat bagi para pelaku bisnis. TikTok mampu meningkatkan brand awareness sebuah produk. Berdasarkan hal tersebut, jika Anda menginginkan produk Anda semakin terkenal, Anda tentu perlu menyusun strategi yang tepat untuk berhasil. Namun pada kenyataannya masih banyak para pelaku bisnis yang membuat kesalahan ketika mempromosikan produknya di TikTok.

Kesalahan yang Perlu Dihindari dalam Promosi di TikTok

Tidak Memanfaatkan Reusable Content

Memang penting untuk terus mengunggah konten baru demi menjaga eksistensi perusahaan di platform sosial media tersebut. Namun hal tersebut cenderung tidak efisien karena setiap hari content creator akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan konten-konten baru dan fresh. Padahal Anda selaku pemasar atau pelaku bisnis yang memasarkan produknya di TikTok dapat memanfaatkan konten lama Anda sebagai reusable content atau menggunakan kembali konten lama tersebut di waktu berikutnya.

Anda bisa memanfaatan reusable content ini dengan jangka waktu tertentu seperti satu bulan setelah konten baru anda terunggah setiap harinya. Contohnya, Anda mengunggah konten setiap hari, kemudian satu bulan setelahnya Anda dapat mengunggah kembali konten video Anda di 4 minggu yang lalu. Tentunya konten tersebut perlu dimodifikasi atau dibedakan. Bisa dari sisi sound ataupun tampilannya, namun dengan ide yang sama. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengunggah konten video TikTok Anda di platform sosial media lain untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Baca juga Mengapa TikTok Digemari ditengah Pandemi?

Tidak Membangun Engagement dengan Pelanggan

Pelanggan yang sudah pada tahap advocate pasti akan turut mempromosikan produk Anda kepada orang lain melalui sosial media pribadinya ataupun secara langsung. Tugas Anda sebagai seorang pemasar adalah bisa menjaga hubungan dan keterkaitan dengan pelanggan dengan cara merespons unggahan pelanggan yang turut mempromosikan produk Anda. Caranya bisa melalui repost, stitch, dan memberikan komentar positif terhadap postingan pelanggan. Dengan begitu, pelanggan Anda akan merasa sangat dihargai dan semakin menyukai produk Anda.

Cara lain untuk meningkatkan engagement dari produk Anda di TikTok adalah memberikan sebuah challange atau giveaway kepada pelanggan Anda. Hal ini bertujuan untuk terus menjalin hubungan baik dengan pelanggan melalui cara-cara yang menyenangkan.

Tidak Melakukan Reviewing Performance

Melakukan reviewing performance atau meninjau performa konten merupakan hal yang sangat penting. Hal tersebut bertujuan untuk menilai konten manakah yang menarik perhatian audiens dan konten yang tidak menarik. Sehingga Anda dapat melakukan evaluasi dan perbaikan dalam memproduksi konten Anda ke depannya akan seperti apa. Jika Anda melewati hal penting ini, maka Anda tidak akan tahu performa konten yang Anda buat di TikTok.

TikTok memberikan fitur untuk melakukan reviewing performance seperti view insight yang dapat menunjukkan jumlah kunjungan profil, reachfollowsavecomment, hingga like. Sehingga Anda akan semakin memahami TikTok yang Anda gunakan untuk media promosi dan strategi apa lagi yang perlu Anda lakukan ke depannya.

Tertarik untuk memanfaatkan TikTok sebagai media pemasaran bisnismu? Campus Digital punya berbagai pelatihan untuk meningkatkan kemampuan digital marketing termasuk cara terjun ke TikTok, sehingga konsumen dapat mengenal produkmu. Tunggu apa lagi? Ayo bergabung bersama kami!

Hubungi Kami