Tim Magang Upgris

Kontributor

5 bulan yang lalu


Tiktok Untuk Pemasaran Konten Kreatif: Menarik Generasi Muda

5 bulan yang lalu - By Tim Magang Upgris

Apa itu Tiktok?

TikTok adalah aplikasi media sosial berbasis video yang diluncurkan pada tahun 2016 dan telah menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh dan digunakan di seluruh dunia. TikTok membiarkan pengguna membuat dan mengunggah video pendek yang dapat dilihat oleh jutaan pengguna lainnya. 

TikTok telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, dengan banyak pengguna yang menggunakannya untuk berbagi video, berkomunikasi, dan berbagi informasi. Selain itu, TikTok telah menjadi platform yang sangat baik untuk berjualan, dengan banyak toko online yang menggunakannya untuk mempromosikan barang mereka. 

Tiktok tentu sudah tidak asing di kalangan remaja, lalu bagaimana cara menciptakan konten yang menarik di Tiktok?

TikTok memungkinkan bisnis untuk membuat konten yang menarik dan kreatif yang menunjukkan keunggulan dan keunikan produk mereka Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk menciptakan konten yang menarik di TikTok:

  1. Pemilihan musik yang tepat
  2. Penggunaan efek visual yang menarik
  3. Mengembangkan gaya dan brand yang unik
  4. Meningkatkan penggunaan hashtag
  5. Berinteraksi dengan pengguna tiktok lainnya

Benarkah bahwa anak muda menjadi pengguna terbesar Tiktok?

Membangun identitas merek di TikTok membutuhkan pendekatan yang tepat dan konten yang menarik. TikTok sangat populer di kalangan generasi milenial dan Gen Z, jadi penting untuk memahami bagaimana berinteraksi dengan mereka. Dalam beberapa tahun terakhir, TikTok telah berkembang menjadi salah satu platform media sosial yang paling disukai di dunia dengan lebih dari 500 juta pengguna global.

Berdasarkan data yang dihimpun Business of Apps, pengguna TikTok tembus 1,5 miliar pada kuartal II 2023. Jika dihitung berdasarkan unduhan kumulatifnya, produk besutan ByteDance ini diunduh hingga 3,3 miliar kali pada 2022. Pengguna TikTok didominasi oleh kalangan anak muda. Data Business of Apps menyebutkan bahwa pengguna paling banyak yakni usia 18-24 tahun yang mencapai 34,9% dari total pengguna pada 2022.

Audiens TikTok adalah orang-orang yang mengikuti dan berinteraksi dengan konten di platform tersebut. Untuk memahami dan meningkatkan audiens TikTok dapat menggunakan analitik konten yang disediakan oleh platform tersebut.

Setelah mengetahui siapa saja audiens Tiktok, kita harus membuat strategi untuk menarik audiens tersebut. Lalu, apa saja strateginya?

  1. Aktif berinteraksi dengan audiens
  2. Berikan konten berkualitas tinggi
  3. Menggunakan fitur Tiktok live
  4. Menggunakan fitur QnA
  5. Menggunakan iklan Tiktok
  6. Menggunakan deskripsi yang jelas
  7. Menggunakan influencer


Bagaimana cara membangun brand di Tiktok dan bagaimana cara meningkatkan pemasaran melalui Tiktok?

Untuk selengkapnya, kalian bisa mendapatkan informasi lebih lanjut melalui ebook berikut ini.

DOWNLOAD


Hubungi Kami