Raevita Andriessa

Kontributor

2 tahun yang lalu


#takberkategori #marketing

Tipe-tipe Peserta Kursus Marketing, Kamu yang Mana?

2 tahun yang lalu - By Raevita Andriessa

Tipe-tipe Peserta kursus Digital Marketing saat di dalam kelas beragam-ragam, loh? Kira-kira kamu yang mana, nih?

Halo sobat GenZ, salam sukses! Pasti banyak dari kalian yang kangen pembelajaran offline, apalagi belajar di tempat kursus. Yang paling membuat kangen itu pasti adalah suasana kelas yang ramai akan siswa yang berbeda-beda kepribadiannya. Kalian semua tahu nggak? Layaknya anak-anak sekolahan yang menghabiskan wakunya untuk belajar di kelas, peserta di kursus Marketing juga terbagi atas beberapa stereotip loh! Kira-kira ada peserta-peserta macam apa saja ya? Yuk, mari kita kupas tuntas!

Baca juga 6 Jenis Digital Marketing Bagi Pemula

Si Banyak Nanya

Seperti namanya, peserta ini adalah peserta yang sering melontarkan pertanyaan. Peserta yang satu ini biasanya memegang prinsip 'malu bertanya, sesat di jalan'. Bahkan mungkin pesertaa ini biasanya telah menyiapkan segudang pertanyaan sebelum memulai kelasnya. Tetapi mungkin mereka agak berlebihan dalam bertanya, ya.... Terkadang peserta tipe ini sering menanyakan pertanyaan yang sudah ada jawabannya kepada tutor dan seringkali membuat tutor gregetan. Malah terkadang di tengah sesi pembelajaran, peserta tipe ini sering bertanya pada peserta lain yang sedang asik menyimak materi. Duh, kalau bertemu peserta yang seperti ini rasanya agak gimana gitu, ya...

Si Paling Ambis

Nah, untuk peserta tipe ini merupakan tipe favorit dari para tutor. Biasanya, tipe peserta ini akan memperhatikan penjelasan tutor dengan seksama dan langsung mencatat materi yang ia terima. Ia biasanya juga akan mengerjakan tugas-tugas dan praktik yang diberikan dengan hasil sempurna. Bertolak belakang dengan si Banyak Nanya, si Paling Ambis ini biasanya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang datang dengan tepat. Tetapi minusnya adalah tipe peserta ini merupakan tipe peserta yang sangat individualis dan terlalu kompetitif. Jika peserta lain meminta untuk diajarkan oleh peserta ini, ia hanya melayani mereka seadanya dan jarang mau berbagi ilmu. Karena terkenal dengan sifat pelitnya ini, peserta tipe ini biasanya tidak memiliki teman di dalam kelas.

Si Kreatif

Si Kreatif ini juga merupakan salah satu tipe peserta yang disukai oleh para tutor. Biasanya tipe peserta ini memiliki ide-ide yang out of the box jika ia disuruh untuk membuat strategi-strategi pemasaran dan juga campaign. Selain itu biasanya mereka juga sangat jago dalam urusan desain-mendesain, apalagi untuk postingan Instagram atau bahkan videografi untuk produk. Tutor dan peserta-peserta lainnya juga akan terkagum-kagum melihat hasil pekerjaan yang ia buat. Tetapi biasanya peserta ini akan sangat sulit bila diajak brainstorming, karena ia merupakan orang yang sangat perfeksionis. Jika mendengar ide-ide yang keluar dari peserta lain, peserta tipe ini akan menolaknya dan memberi ide lain yang menurutnya jauh lebih bagus. Sifat yang keras kepala ini lah yang membuat mereka sulit memiliki partner kerja.

Si Pendiam

Yang terakhir adalah tipe peserta yang selalu ada di tempat kursus Marketing manapun. Tipe peserta ini biasanya jarang aktif di kelas dan ia hanya datang ke kelas untuk mendengarkan materi, tetapi jarang berinteraksi dengan peserta lain. Jika menjadi anak kuliahan, tipe peserta seperti ini biasanya tipe 'kupu-kupu' alias 'Kuliah - Pulang - Kuliah - Pulang'. Bahkan tutor yang mengajar di dalam ruangan biasanya akan mudah lupa dengan kehadiran peserta ini. Eits jangan salah, biasanya peserta yang paling pendiam adalah peserta yang paling dapat memahami materi dan mempraktikannya. Karena biasanya orang pendiam merupakan orang yang peka akan lingkungan sekitar dan dapat memahami situasi dengan cepat, biasanya mereka paling jago dalam menganalisa kompetitor bisnis dan teknik riset. Jika sudah terlibat di praktik kerja, ia juga akan menjadi lebih aktif seperti peserta pada umumnya, kok!

Nah, ini dia tipe-tipe peserta yang biasanya ada di dalam kelas kursus Marketing. Kalau kamu termasut tipe yang mana nih kira-kira? Buat yang belum tahu dan tertarik belajar dunia Marketing, kalian bisa kursus di Campus Digital. Dijamin nanti kalian akan bertemu banyak tipe-tipe peserta yang membuat suasana pembelajaran menjadi semakin ramai!

Hubungi Kami