Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite #seo #konsepdigitalmarketing

Tips Agar Blog Muncul Di Google Paling Atas

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Blog yang muncul di google paling atas mempunyai banyak keuntungan bagi sang pemilik. Peringkat teratas di google dapat meningkatkan visitor di blog. Hal ini dikarenakan saat orang mencari keyword tertentu, kebanyakan orang akan membuka blog yang berada di posisi paling atas.

Terdapat beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog muncul di google paling atas. Yuk, simak tipsnya.

1. Persaingan Kata Kunci yang Rendah

Kata kunci ini memiliki fungsi untuk menargetkan apa yang sekiranya banyak orang-orang cari di google. Mengapa menggunakan keyword dengan daya saing yang rendah? Karena, apabila persaingan kata kuncinya tinggi maka peluang bagi blog kita sangat kecil untuk bisa masuk ke posisi paling atas di mesin pencari google.

2. Longtail Keyword

Longtail keyword ialah kata kunci yang panjang. Contohnya, keyword "blog" terlalu pendek dan sudah pasti tingkat persaingannya sangat tinggi. Sulit bagi kata kunci tersebut untuk masuk posisisi atas di google.

Cara mensiasatinya adalah dengan menggunakan kata kunci yang panjang, paling tidak lebih dari tiga kata. Misalnya dengan menambahkan kata pada keyword "blog”, sehingga kata kunci panjangnya menjadi "cara membuat blog".

Lebih panjang kata kunci, maka persaingannya semakin rendah dan lebih mudah. Makin panjang kata kunci artinya semakin spesifik. Hal ini akan memudahkan artikel untuk naik ke posisi atas di google. Selain itu, kata kunci yang panjang akan memudahkan penulis dalam menulis artikel, karena pembahasannya yang lebih spesifik dan fokus.

3. Artikel yang Sesuai

Artikel yang tidak sama dengan judul atau kata kunci akan membuat pengunjung kecewa, karena judulnya menarik namun ternyata isinya tidak sesuai dengan judul. Kita biasa menyebut kejadian ini dengan click-bait.

Sebagai tambahan informasi, kalian perlu mengetahui bahwa google menciptakan suatu sistem agar penggunanya merasa nyaman dalam mencari informasi. Jika terdapat kata kunci dan konten artikel yang tidak sesuai, jangan berharap konten tersebut bisa masuk ke peringkat teratas di Google.

4. Artikel yang Ramah Pembaca

Jika kalian pernah membaca suatu artikel dari hasil rewrite robot atau software, menurut kalian bagaimana hasil artikelnya? Sulit, kan untuk membacanya? Ini karena kosakatanya tidak terstruktur dan sulit untuk memahami istilah-istilahnya. Maka dari itu, usahakan untuk menulis konten sendiri dengan bahasa yang sehari-hari, sehingga pengunjung akan mudah dalam membacanya, atau dengan kata lain, ramah pembaca.

5. Judul artikel

Sebelumnya kita telah membahas tentang kata kunci. Dalam membuat suatu judul, usahakan untuk menggunakan atau memasukkan kata kunci yang telah menjadi target. Contohnya, apabila target kata kunci adalah "cara membuat blog", maka tulislah judul yang memuat kata kunci tersebut.

Selain menambahkan kata kunci, hal lain yang perlu kalian ingat adalah buatlah judul yang bisa menarik pembaca untuk mengklik artikel. Namun, usahakan jangan click-bait ya. Ingat kembali tips nomor tiga di atas.

6. Deskripsi artikel

Bila kalian sudah paham dengan fitur suatu blog, kalian pasti sudah tahu bahwa pada platform blog kita harus mengisikan deskripsi singkat tentang konten yang kita buat. Cobalah untuk mengkombinasikan kata kunci sesuai target ke dalam deskripsi singkat artikel atau konten yang kalian tulis.

Baca Juga: Media Sosial vs Website Dalam Dunia Digital Marketing

7. Link Artikel

URL atau link pada artikel juga dapat mempengaruhi pencarian di google. Biasanya, mesin pencari akan membaca kata yang ada pada link, jadi cobalah untuk mengkombinasikan URL atau link artikel dengan kata kunci yang telah menjadi target.

8. Gambar Artikel

Sebagai informasi, gambar yang ada pada artikel tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap, namun juga memiliki peran penting. Perannya adalah membantu blog atau website untuk muncul di google paling atas, meskipun tidak langsung.

Google mempunyai fitur pencarian gambar (image search) yang berfungsi untuk mencari gambar-gambar yang ada di internet. Sehingga, bila gambar pada artikel kalian muncul pada pencarian gambar paling atas, maka peluang orang-orang untuk mengunjungi situs blog kalian pun juga semakin tinggi.

Maka dari itu, masukan kata kunci pada deskripsi gambar atau tag gambar yang digunakan pada artikel blog. Teks yang tertulis dalam gambar ini akan membantu google dalam mencarinya.

9. Index di Google Webmaster Tools

Google Webmaster Tools adalah software gratis untuk pemilik website, blog, dan juga aplikasi di Google Playstore. Tools atau software ini akan membantu kalian untuk mendapatkan indeks dari google. Cara penggunaannya adalah kalian hanya perlu mengintegerasikan blog milik kalian dengan Google Webmaster Tools.

10. Hindari Plagiasi (Copy Paste)

Membuat konten yang original itu sangat penting. Banyak sekali dampak yang timbul dari aktifitas copy paste atau plagiasi. Yang paling buruk adalah bisa berujung pada hukum.

Google sangat menghargai konten yang asli atau buatan sendiri. Mesin pencari Google telah mengatur fitur sedemikian rupa agar dapat mendeteksi konten hasil plagiasi atau copy paste. Apabila berhasil terdeteksi oleh Google, maka artikel tersebut tidak akan terindeks bahkan tidak akan pernah masuk pada posisi paling atas di Google.

11. Google Ads

Kalau kalian merasa tips dari nomor satu hingga sepuluh sangat merepotkan, kalian bisa lho tinggal menyisihkan dana untuk memasang iklan di Google search. Dengan begitu, blog akan otomatis masuk pada posisi atas di Google.

Demikian beberapa tips agar blog bisa muncul di pencarian Google paling atas. Jika kalian ingin tahu lebih banyak tentang website, ikuti program dari Campus Digital, yuk!

 

Hubungi Kami