Alicia Diahwahyuningtyas

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite # #terupload # marketplace #tips&trik

Tips Berjualan di Marketplace Bagi Pemula

2 tahun yang lalu - By Alicia Diahwahyuningtyas

Perkembangan teknologi di era digital seperti sekarang ini memudahkan pekerjaan manusia. Salah satunya dalam hal berbisnis, banyak orang yang dulunya berbisnis menggunakan media sosial kini beralih berjualan di marketplace online.

Berjualan di marketplace ini bisa di anggap lebih aman dan nyaman, apalagi barang yang tersedia di marketplace memiliki banyak variasi yang di tawarkan sehingga memudahkan konsumen untuk lebih nyaman dalam membeli produk yang di inginkan. Bagi yang sedang menjalankan bisnis online dan tertarik untuk melakukan ekspansi usaha kamu bisa mencoba berjualan di marketplace.

Tips Berjualan di Marketplace

Jika kamu berminat dan tertarik ingin mencoba menjalankan bisnis kamu melalui marketplace, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

Kelebihan dan Kekurangan Jualan Online di Marketplace

Pilih Marketplace Yang Terpercaya dan Ternama

Pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih tempat berjualan atau marketplace yang terpercaya bagi masyarakat. Pilihlah marketplace yang sudah dikenal oleh banyak orang yang sering terlihat dalam iklan di media sosial maupun media elektronik karena. Jika sudah banyak orang yang mengenalnya, pembeli akan mudah untuk memutuskan membeli produk atau jasa tersebut.

Hal ini juga karena marketplace sudah memiliki banyak pelanggan dan memiliki kepercayaan di hati masyarakat. Dengan begitu toko online yang kamu miliki akan semakin mudah ditemukan oleh pembeli di marketplace tersebut. Hal ini tentunya juga akan merasa lebih nyaman saat melakukan transaksi dengan melalui marketplace.

Buat Beberapa Toko Online di Beberapa Marketplace

Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat toko online di beberapa marketplace. Marketplace terpercaya mungkin di Indonesia sekarang ini sudah ada banyak seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Zalora, ataupun yang lainnya. Hal ini justru bisa dimanfaatkan untuk senjata dalam bisnis milikmu.

Usahakan untuk membuat toko online pada setiap marketplace tersebut, jadi tidak hanya berfokus pada hanya satu marketplace saja sehingga memungkinkan kamu untuk mendapatkan banyak pelanggan dari beberapa marketplace tersebut.

Baca juga 6 Hal Penting Memulai Bisnis

Jual Dengan Harga Promosi

Usahakan untuk menjual produk dengan harga promo atau berikan voucher kepada pelanggan. Meskipun menjual dengan harga yang jauh lebih murah dari pesaing lainnya namun posisi barang belum menjamin konsumen tertarik. Hal ini di karenakan pelanggan bisa saja ragu terhadap produk yang akan mereka beli.

Maka dari itu, kata Promo adalah senjata paling tepat untuk menarik pembeli tanpa meninggalkan keragu-raguan di dalam hati pelanggan. Namun perlu di ingat bahwa banyak kompetitor di marketplace yang tentu juga menjual barang yang murah dan sejenisnya. Jadi kamu harus pintar-pintar membuat berbagai macam promo untuk menarik banyak konsumen.

Beri Respon Yang Ramah Kepada Konsumen

Dalam berbisnis online tidak hanya kualitas produk saja yang harus kamu perhatikan. Namun berusahalah untuk memberikan pelayanan dan respon yang baik kepada konsumen sehingga konsumen akan merasa senang saat berbelanja di toko mu.

Buat Deskripsi Produk Dengan Jelas

Dalam melakukan bisnis melalui marketplace kamu harus membuat deskripsi produk sejelas-jelasnya untuk menginformasikan apa yang kamu jual dalam marketplace tersebut. Kamu bisa melakukan deskripsi produk yang jelas, informatif dan lengkap.

Deskripsi harus memberikan perincian tentang produk yang di jual, bahan serta informasi-informasi lainnya yang penting dalam produk tersebut. Hal ini berguna agar pelanggan bisa mengetahui setidaknya gambaran tentang produk yang akan di belinya.l

Gunakan Foto Produk Yang Asli Dari Jepretan Sendiri

Berjualan di marketplace berarti Konsumen tidak dapat melihat secara langsung produk yang akan mereka beli, namun mereka masih bisa melihat dan membayangkan visual produk melalui gambar atau foto yang kamu berikan dalam marketplace tersebut. Foto yang ditambahkan harus real, bukan hasil jepretan orang lain atau hasil dari foto orang lain. Karena jika produk sampai ke tangan konsumen dan ternyata memiliki perbedaan antara gambar dengan produk yang asli maka itu akan membuat konsumen menjadi tidak akan mengulangi pembelian dan memberikan kesan yang buruk.

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum berjualan di marketplace. Mulai sekarang cobalah untuk berbisnis online tidak hanya melalui media sosial saja namun mulailah berjualan menggunakan marketplace.

Jika kamu ingin mencoba menerapkan strategi pemasaran untuk marketplace kamu. Kamu bisa mengikuti kursus di Campus Digital yang akan di bimbing oleh mentor profesional di bidangnya. Yuk buruan daftar sekarang juga!

Hubungi Kami