Salwa Nida

Kontributor

2 tahun yang lalu


#website digital marketing #sosial media

Tips Bisnis Jualan di Facebook Untuk Pemula

2 tahun yang lalu - By Salwa Nida

Tips Bisnis Jualan di Facebook Untuk Pemula

Tips Bisnis Jualan di Facebook Untuk Pemula

                       

Tips Bisnis Jualan di Facebook Untuk Pemula

                    Facebook sebagai platform untuk jual beli  

Pada tahun ini banyak sekali bermunculan pebisnis pemula. Para pebisnis pemula ini, membuat orang lain ingin terjun ke dunia bisnis online juga. Dengan adanya motivasi ini, Anda sebagai pebisnis pemula pasti juga ingin seperti mereka. Dan harapan ini bukanlah sekedar harapan karena Anda sudah menemukan tulisan ini. Sebagai pebisnis yang ingin terjun ke dunia bisnis online. Anda memerlukan beberapa pemahaman. Oleh karena itu, Saya akan memberikan kepada Anda beberapa Tips Bisnis Jualan di Facebook Untuk Pemula.

1. Tentukan Produk Fisik yang Dijual

Menentukan produk fisik yang ingin Anda jual adalah langkah awal yang perlu Anda tempuh. Facebook sendiri menetapkan batasan bahwa produk yang boleh Anda jual harus berupa produk fisik. Ini berarti produk yang tidak berwujud dan layanan bukanlah sebuah pilihan. Karena produk fisik ini nantinya juga harus menerima persetujuan sebelum muncul pada toko Facebook Anda.

2. Mempersiapkan Dasar-dasar dari Bisnis

Memiliki persiapan dalam hal apapun adalah hal yang penting. Terutama ketika Anda ingin melangkah untuk berjualan online di Facebook. Langkah selanjutnya yaitu, buatlah rencana bisnis yang merincikan rencana dari tujuan Anda untuk saat ini dan ke depannya. Mulai dari branding toko, branding produk, dan harga yang Anda pasang pada produk Anda. Setiap transaksi produk yang terjual, Facebook meminta biaya penjulaan sebesar 5% tiap transaksi. Jadi saat menentukan harga, Anda juga harus memperhatikan aspek ini.

3. Menyiapkan Produk yang Akan Dijual

Menyiapkan produk yang akan dijual itu membutuhkan waktu, jadi sebaiknya Anda menyiapkan semuanya sebelum Anda online. Tulis deskripsi 150 karakter tentang bisnis dan produk Anda. Tulis deskripsi “Tentang Kami” tentang bisnis baru Anda.

Ambil beberapa gambar bagus dari produk Anda. Anda harus memotret produk Anda dengan latar belakang putih dan menampilkan setiap produk dari berbagai sudut. Gambar akhir Anda setidaknya harus berukuran 1024 x 1024 px.

             Contoh dari foto produk yang bisa diunggah 

Menggunakan pendekatan video berdurasi juga bisa Anda lakukan. Video yang terlihat nyata pastinya akan menarik beberapa orang untuk melihat lebih jelas. Namun, mempromosikan halaman Anda juga hal penting yang harus Anda lakukan setelah mulai memposting.

4. Membuat Halaman Facebook Bisnis

Setelah melakukan persiapan, selanjutnya Anda bisa mulai membuat Halaman Facebook Bisnis pertama Anda. Halaman ini nantinya Anda akan menjadi pusat komunikasi mengeanai bisnis Anda. Ini juga akan menjadi etalase di mana pelanggan dapat berbelanja produk Anda. Anda mungkin ingin menyiapkan beberapa konten sebelum meluncurkan halaman sehingga Anda dapat mulai memasarkan produk begitu Anda ditayangkan.

Ada beberapa opsi untuk menjual setelah halaman bisnis Facebook Anda siap. Opsi pertama adalah Facebook Marketplace.

Selengkapnya bisa bergabung di Campusdigital

Hubungi Kami