Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#belajar seo

Tips Memilih Nama Domain yang SEO Friendly

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Domain adalah faktor utama dalam menerapkan SEO. Ini karena nama domain adalah hal yang pertama kali pengunjung lihat dan cari. Oleh karena itu, kita tidak boleh asal dalam memilih nama domain untuk website. Selain karena SEO, alasan lain untuk tidak sembarangan dalam memilih domain adalah susah untuk menggantinya.

Agar kesalahan ini tidak terjadi, artikel ini akan memberikan beberapa tips dalam memilih nama domain yang SEO friendly.

Tapi sebelum itu, kita cari tahu dulu, yuk tentang domain.

Pengertian dan Fungsi Domain

Domain ialah alamat website yang biasa kita tuliskan di kolom URL browser untuk membuka suatu website. Nama domain terdiri dari dua elemen, yaitu nama website dan eksistensi. Misalnya pada domain Facebook.com. Domain tersebut memuat nama website (Facebook) serta ekstensi (.com).

Sama seperti nama jalan, Domain berfungsi sebagai pemberi informasi kepada sistem untuk menunjukkan arah ke tempat tersebut.

Tips Memilih Nama Domain Website Seo Friendly

Pakai .com

Saat ini banyak tersedia ekstensi domain seperti .xyz, .biz, .money, dan lainnya. Tapi, tetaplah usahakan untuk memilih nama domain dari TLD (top level domain) .com.

Jangan tergiur dengan adanya domain yang unik, murah, atau gratis. Gunakanlah .com sebab ekstensi ini penggunanya paling banyak dan sudah sangat lama ada. Orang-orang jadi cenderung untuk mengetik .com dan lebih percaya dengan eksistensi domain ini daripada yang lain.Apalagi sekarang .com sudah menjadi ekstensi default di keyboard semua ponsel.

Perhatikan Biaya Perpanjangan Domain

Tips kedua ialah selalu memperhatikan biaya perpanjangan tahunan ekstensi domain. Jangan sampai kalian membeli ekstensi domain yang murahan. Mungkin biaya pendaftaran awal sangat murah, tapi perpanjangan tahunannya bisa sangat mahal!

Kenapa begitu? Sebab, ekstensi domain tersebut harganya tidak stabil dan biasanya masih berupa harga promo. Jadi, jangan sampai tergiur untuk membeli yang murahan, ya. Jangan sampai kamu menyesal karena sudah mengembangkan website selama setahun tetapi harus berhenti karena tidak bisa membayar biaya perpanjangan domainnya.

Jangan Gunakan Tanda Baca

Tips selanjutnya dalam memilih nama domain yang seo friendly adalah jangan menggunakan tanda baca.

Penggunaan tanda baca pada domain akan mengganggu branding nama domain. Selain itu, penggunaan tanda baca juga akan membuat orang kesusahan dalam mengetikkan nama domain. Dengan kata lain, nama domain tidak user-friendly.

Biasanya orang-orang terpaksa harus menggunakan tanda baca seperti tanda hubung (-) sebab nama domain yang mereka inginkan sudah terpakai. Kalau kasusnya begitu, maka lebih baik cari nama domain yang lain saja.

Perhatikan Copyright

Hak cipta atau copyright juga ada lho di dunia website. Jika kamu ingin memilih suatu nama domain tetapi ternyata nama tersebut sudah dilindungi hak cipta, maka lebih baik kalian langung menggantinya. Jika, tidak, bisa-bisa website kalian akan di-take down.

Nama Domain Branding vs Keyword

Jika website yang kalian kembangkan adalah untuk bisnis, maka kalian bisa memilih nama menggunakan branding anda. Misalnya adalah tokopedia.com.

Kalian juga bisa memilih menggunakan keyword. Misalnya adalah jasadesainwebsite.com. Pemilihan nama ini bagus untuk optimasi SEO awal, meskipun tidak memiliki perbedaan signifikan dengan nama domain branding.

Baca Juga: Tujuan Pemberian Nama Brand Pada Produk Jualan

Selain itu, pilihan lainnya adalah dengan menggabungkan keduanya sebagai strategi SEO kalian. Misal, jika bisnis kalian adalah desain website, gunakan nama domain branding sebagai website utama lalu gunakan nama domain keyword. Contohnya jasadesainwebsitejakarta.com . Hal ini untuk menggaet penggunjung di Jakarta dengan isi website mengarahkan ke domain branding utama anda.

Langsung BELI!

Tips terakhir adalah jangan menunda-nunda, langsung saja beli! Bisa jadi hari ini domain incaran kalian masih tersedia, tetapi besoknya sudah terbeli.

Sebenarnya harga domain sangat murah, mulai dari 150 ribu per tahun. Tetapi, karena sistemnya yang limited sehingga bisa menyebabkan nama domain menjadi barang langka dan mahal.Kunjungi dan daftar ke Campusdigital

Hubungi Kami