Fauzan Ahmat Rahmawan

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #trik & tips #wabsite

Tips Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

2 tahun yang lalu - By Fauzan Ahmat Rahmawan

Tips mempertahankan loyalitas pelanggan merupakan sebuah hal yang penting dalam dunia marketing. Oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan yang dimiliki. Berikut adalah tips mempertahankan loyalitas pelanggan.

Tips

1. Selalu Berikan Perhatian Lebih

Sikap dan pelayanan yang ramah kepada konsumen tentunya bisa membuat pelanggan menjadi nyaman. Selain itu terkadang produk yang Ketika produk yang kita jual kurang menarik perhatian, namun pelayanan yang Kamu berikan bagus bahkan melewati ekspektasi konsumen, pasti konsumen akan tetap membeli produk Kamu itu.

Membiasakan budaya sikap melayani dengan cara memberikan perhatian khusus merupakan sebuah tips yang dapat membuat konsumen yang kita miliki tidak berpaling ke kompetitor. Contoh perhatian khusus kepada pelanggan Kamu adalah mendengarkan masukan dan keluhan pelanggan tentang produk Kamu.

2. Biasakan Melakukan Interaksi dengan Pelanggan

Salah satu tips untuk menjaga loyalitas pelanggan adalah dengan membiasakan diri melakukan interaksi dengan pelanggan. Interaksi tentu bisa dilakukan baik sebelum maupun sesudah transaksi jual-beli terjadi.

Salah satu contoh interaksi dengan pelanggan sebelum melakukan transaksi adalah menanyakan tentang produk yang kita jual. Mulai dari manfaat, fitur, hingga harga yang ditanyakan oleh konsumen.

3. Berikan Tawaran yang Menarik Minat Pelanggan

Memberikan tawaran yang menarik minat kepada pelanggan tentu saja bisa membuat pelanggan loyal terhadap bisnis Kamu. Misalnya Kamu memberikan harga promo atau diskon terhadap produk tertentu.

Selain harga promo atau diskon, Kita juga bisa membuat program kartu member bisnis. Hal ini membuat setiap konsumen yang menjadi member akan mendapat keuntungan. Dengan adanya kartu member tersebut, Kamu bisa mendorong pelanggan setia untuk berbelanja di tempat Kamu.

4. Pertahankan Kualitas Produk Kamu

Produk yang berkualitas tentu saja bisa mempertahankan keloyalan pelanggan terhadap bisnis Kamu. Maka dari itu Kamu perlu mempertahankan kualitas dari produk yang Kamu jual.

5. Selalu Membina Hubungan yang Saling Menguntungkan

Tips terakhir untuk menjaga loyalitas pelanggan adalah dengan saling memberikan keuntungan. Kebanyakan pebisnis hanya memikirkan kepentingannya sendiri, tanpa memikirkan kepuasan konsumen.

Padahal kepuasan konsumen adalah modal yang berharga pada produk atau bisnis Kamu. Tentu dengan kepercayaan dari konsumen, maka Kamu akan dengan mudah mendapatkan loyalitas konsumen.

Itulah ulasan singkat mengenai tips mempertahankan loyalitas pelanggan. Semoga artikel ini dapat membantu anda mengenal dan paham mengenai hal tersebut. Untuk mendapatkan informasi lainnya terkait digital marketing maupun hal lainnya anda bisa membaca berbagai artikel yang ada dalam web ini. bisa lihat juga di website Campusdigital

Hubungi Kami