Alizha Alkhanza

Kontributor

2 tahun yang lalu


#sosialmedia #algoritmafacebook

Tips Sederhana Untuk Mengatasi Algoritma Facebook!

2 tahun yang lalu - By Alizha Alkhanza

Anda sadari atau tidak, saat ini media sosial yang paling terkenal dan favorit di kalangan masyarakat adalah Facebook. Tidak salah juga, Facebook mereka gunakan sebagai suatu media promosi dari sebagian kalangan yang melakukan aktivitas bisnis secara online. Kebanyakan mereka, melakukan promosi dengan menggunakan Facebook Organik, karena selain gratis juga memang tidak semua familiar dengan Facebook Ads.

Selain dengan caranya yang mudah, aktivitas jualan di Facebook Organik memang mudah dan tidak perlu membayar iklan setelah mempromosikan produk yang mereka pasarkan. Hanya tinggal posting produknya, share ke timeline dan grup publik, maka akan ada peluang untuk mengundang pelanggan dalam membeli suatu produk.

Namun, terdapat beberapa hal teknis yang tidak mereka sadari oleh para pengguna Facebook, yaitu mengenai cara mengatasi Algoritma Facebook. Algoritma dalam media sosial merupakan suatu sistem yang mengatur postingan di setiap penggunanya. Oleh sebab itu, setiap postingan yang Anda share belum tentu terbaca oleh teman pengguna Facebook lainnya. Padahal, di waktu itu juga mereka sama-sama sedang aktif menggunakan Facebook.

Hal itu muncul, karena cara kerja Algoritma Facebook lebih memprioritaskan postingan berdasarkan kualitas interaksi antar pengguna Facebook. Contohnya, terdapat 2 akun Facebook yang saling berteman, yaitu H dan L. Apabila, H dan L dianggap dekat, maka postingan H kemungkinanan besar akan selalu muncul di beranda L dan untuk sebaliknya jika sama-sama tidak dekat.

Maka dari itu, bagi para pebisnis online, hal ini akan sangat berpengaruh terhadap pangsa pasar mereka. Dikarenakan, tidak ada yang tahu, apabila teman yang tidak melihat postingan mereka ternyata adalah segmentasi calon pelanggan yang tertarget.

[caption id="" align="aligncenter" width="430"] Cara Mengatasi Algoritma Facebook[/caption]

Terdapat Beberapa Tips Mengenai Cara Mengatasi Algoritma Facebook

  1. Membuka akun Facebook Anda, kemudian klik garis 3 yang berada di kanan atas
  2. Memasuki pilihan menu, kemudian cari dan klik feature terbaru
  3. Setiap akan berinteraksi dengan menggunakan Facebook lakukan hal ini, karena ketika Facebook tutup, maka di timeline kita akan kembali seperti semula. Apabila kita masuk melalui menu, maka seluruh postingan teman yang terdapat dalam daftar pertemanan akan tampil di postingan terawal. Hal itu mencakupi pertemanan yang sering berinteraksi dengan kita maupun tidak. Sementara, apabila kita masuk Facebook tanpa melalui menu itu, maka yang akan muncul di beranda hanya teman-teman yang itu saja
  4. Lakukan interaksi dengan seluruh teman kita untuk mendapatkan atensi mereka dengan cara melakukan like, comment, dan share pada postingan tersebut. Di sini, juga akan terjadi hukum timbal balik, maka mereka pun juga akan melakukan itu seperti apa yang kita lakukan kepada mereka. Dengan demikian, kita dan teman-teman yang lain dianggap dekat oleh Algoritma Facebook. Sehingga, apabila kita posting produk akan muncul juga di beranda teman kita.
  5. Meluangkan waktu Anda untuk melakukan Facebook Live dan menonton bareng paling tidak sekali dalam seminggu. Karena, apabila kita memanfaatkan kedua tools itu secara rutin, maka "eksistensi" kita akan semakin diakui oleh Facebook.


bisa lihat juga di website Campusdigital

Hubungi Kami