Kariena Andiniyar

Kontributor

2 tahun yang lalu


#marketplace #tokopedia

Tokopedia dan Go-Jek Merger: Apa Itu Merger?

2 tahun yang lalu - By Kariena Andiniyar

Apa Itu Merger?

Merger adalah kesepakatan yang menyatukan dua perusahaan yang sudah ada menjadi satu perusahaan baru. Ada beberapa jenis merger dan juga beberapa alasan mengapa perusahaan melakukannya. Merger dan akuisisi biasanya bertujuan untuk memperluas jangkauan perusahaan, memperluas ke segmen baru, atau mendapatkan pangsa pasar. Semua ini bertujuan untuk meningkatkan nilai pemegang saham. Dalam hal ini, perusahaan memiliki No-Shop Clause untuk mencegah pembelian atau merger oleh perusahaan tambahan.

Note: No-Shop Clause adalah klausa yang ditemukan dalam perjanjian antara penjual dan calon pembeli yang melarang penjual meminta proposal pembelian dari pihak lain mana pun. Dengan kata lain, penjual tidak dapat berbelanja bisnis atau aset di sekitar setelah pembuatan letter of intent atau kesepakatan prinsip antara penjual dan pembeli potensial. Letter of intent menguraikan komitmen satu pihak untuk melakukan bisnis dan/atau melaksanakan kesepakatan dengan pihak lain.

Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Bagaimana Cara Merger Bekerja?

Merger adalah penggabungan sukarela dari dua perusahaan dengan persyaratan yang sama secara luas menjadi satu badan hukum baru. Perusahaan-perusahaan yang setuju untuk bergabung kira-kira sama dalam hal ukuran, pelanggan, dan skala operasi. Selain itu, akuisisi tidak seperti merger atau umumnya tidak sukarela dan melibatkan satu perusahaan secara aktif membeli yang lain.

Merger paling sering dilakukan untuk mendapatkan pangsa pasar, mengurangi biaya operasi, memperluas ke wilayah baru, menyatukan produk bersama, meningkatkan pendapatan, dan meningkatkan laba (semuanya harus menguntungkan pemegang saham perusahaan). Setelahnya, saham perusahaan baru didistribusikan kepada pemegang saham lama dari kedua bisnis asli.

Karena banyak perusahaan yang membuat kesepakatan penggabungan tersebut, maka dari itu perusahaan hasil merger menciptakan reksa dana. Hal itu memberikan investor kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari kesepakatan tersebut.

Jenis-Jenis Merger

Conglomerate (Konglomerat)

Ini adalah penggabungan antara dua atau lebih perusahaan yang terlibat dalam kegiatan bisnis yang tidak terkait. Perusahaan dapat beroperasi di industri yang berbeda atau di wilayah geografis yang berbeda. Konglomerat murni melibatkan dua perusahaan yang tidak memiliki kesamaan. Sebuah konglomerat campuran, di sisi lain terjadi antara organisasi yang beroperasi dalam kegiatan bisnis tidak terkait, sebenarnya mencoba mendapatkan produk atau perluasan pasar melalui kesepakatan tersebut.

Perusahaan tanpa faktor tumpang tindih hanya akan bergabung jika masuk akal dari perspektif kekayaan pemegang saham. Hal ini terjadi jika perusahaan dapat menciptakan sinergi yang mencakup peningkatan nilai, kinerja, dan penghematan biaya. Contohnya adalah bergabungnya The Walt Disney Company dengan American Broadcasting Company (ABC) pada tahun 1995.

Congeneric (kongenerik)

Penggabungan kongenerik atau juga sebagai penggabungan Ekstensi Produk. Pada tipe ini merupakan gabungan dari dua atau lebih perusahaan yang beroperasi di pasar atau sektor yang sama dengan faktor-faktor yang saling tumpang tindih, seperti teknologi, pemasaran, proses produksi, dan penelitian dan pengembangan (R&D). Penggabungan perluasan produk dicapai ketika lini produk baru dari satu perusahaan ditambahkan ke lini produk yang ada dari perusahaan lain. Ketika dua perusahaan menjadi satu di bawah perluasan produk, mereka dapat memperoleh akses ke kelompok konsumen yang lebih besar dan, dengan demikian, pangsa pasar yang lebih besar. Contohnya adalah penyatuan Citigroup tahun 1998 dengan Travellers Insurance, dua perusahaan dengan produk pelengkap.

Market Extension (Perluasan Pasar)

Merger jenis ini terjadi antara perusahaan yang menjual produk yang sama tetapi bersaing di pasar yang berbeda. Perusahaan yang terlibat dalam merger perluasan pasar berusaha untuk mendapatkan akses ke pasar yang lebih besar dan, dengan demikian, basis klien yang lebih besar. Untuk memperluas pasar mereka, Eagle Bancshares dan RBC Centura bergabung pada tahun 2002.

Horizontal (Horisontal)

Merger horizontal terjadi antara perusahaan yang beroperasi di industri yang sama, biasanya merupakan bagian dari konsolidasi antara dua atau lebih pesaing yang menawarkan produk atau layanan yang sama.

Merger seperti itu biasa terjadi di industri dengan lebih sedikit perusahaan, dan tujuannya adalah untuk menciptakan bisnis yang lebih besar dengan pangsa pasar dan skala ekonomi yang lebih besar karena persaingan di antara perusahaan yang lebih sedikit cenderung lebih tinggi. Contohnya adalah penggabungan Daimler-Benz dan Chrysler tahun 1998 .

Vertical (Vertikal)

Ketika dua perusahaan yang memproduksi suku cadang atau jasa untuk merger produk, serikat pekerja disebut sebagai merger vertikal. Hal ini terjadi terjadi ketika dua perusahaan yang beroperasi pada tingkat yang berbeda dalam rantai pasokan industri yang sama menggabungkan operasi mereka.

Penggabungan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pencapaian sinergi yang melalui pengurangan biaya, yang berasal dari penggabungan dengan satu atau lebih perusahaan pemasok. Salah satu contohnya adalah yang terjadi pada tahun 2000 ketika penyedia internet America Online (AOL) bergabung dengan konglomerat media Time Warner.

Setelah penjelasan di atas, kira-kira merger antara Tokopedia dan Go-Jek termasuk jenis manger

Info lanjut kunjungi dang bergabung bersama kami di Campus Digital

Hubungi Kami