Alicia Diahwahyuningtyas

Kontributor

1 tahun yang lalu


#wabsite # #terupload #marketplace #trik & tips

Tren Digital Marketing Di Masa Pandemi

1 tahun yang lalu - By Alicia Diahwahyuningtyas

8 Tren digital marketing 2020 yang patut pemilik brand ketahui

Perkembangan teknologi yang terus mengalami perubahan seiring berjalan nya waktu, berdampak pada tren digital marketing terutama di kalangan digital marketer. Teknologi berkembang dan terus mengalami perubahan setiap tahunya. Dengan begitu, makan tren digital marketing akan ikut berkembang menyesuaikan diri dengan teknologi yang ada sekarang. Berbagai tren digital marketing muncul akibat dari pandemi Covid-19. Banyak pelaku bisnis yang akhirnya menutup toko offline meraka dan memilih ntuk berjualan online.

Pergeseran Tren Pemanfaatan Teknologi Digital di Masa Pandemi

Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan terjadinya perubahan perilaku dan gaya hidup masyarakat, tak terkecuali para pelaku bisnis. Jika sebelumnya mereka melakukan transaksi langsung dengan pelanggan, maka sekarang ini sudah tidak bisa dilakukan. Sekarang ini, pembisnis mulai melakukan inovasi dalam mempromosikan produk dan layanan yang mereka miliki.

Hal ini lah yang memunculkan berbagai teknologi baru untuk menunjang kebutuhan masyarakat dan memunculkan berbagai tren digital marketing di masa pandemi. Untuk penjelasan lebih lanjut, yuk simak ulasan berikut:

4 Tren Digital Marketing Masa Pandemi

1. Social E-commerce

Social E-commerce adalah tren yang melibatkan aktivitas jual beli yang dilakukan dengan pengguna sosial media. Penjual dan pembeli tidah harus berinteraksi secara langsung. Tren social E-commerce di Indonesia mengalami peningkatan sejak adanya PSBB dari pemerintah. Kegiatan belanja online memudahkan masyarakat untuk tetap membeli produk kebutuhan mereka tanpa harus melanggar kebijakan pemerintah. Penggunaan sosial e-commerce, seperti instagram, facebook, dan lainnya menjadi sanga efektif untuk mempertemukan pembeli dengan penjual.

2. Penawaran Iklan Google

Sejak 2019, Google telah merilis ad bidding otomatis yang pintar dalam mengoptimasikan target iklan. Sistem yang menggunakan algoritma terbaru ini memiliki kemampuan yang lebih selektif dalam memilih target iklan dan memberikan laporan yang transparan. Kamu bisa menggunakan tren ini untuk di jadikan opsi promosi untuk menghemat waktu.

3. Search Engine Optimization (SEO)

Sebelum adanya pandemi tren SEO memang sudah menjadi ikon dalam digital marketing. Optimalisasi mesin pencari memudahkan konsumen menemukan produk sesuai keinginan mereka dengan hanya memaskan kata kunci. Search engine optimization setiap tahun memperbarui algoritma dalam mesin pencari.

4. Penggunaan Konferensi Video

Adanya penerapan social distancing, menurunkan interaksi tatap muka antar individu. Hal ini menyebabkan terjadinya peningkatan kebutuhan konferensi video untuk kegiatan meeting, kegiatan belajar di sekolah, rapat, dan kegiatan sosial lainnya.

Dengan adanya konferensi video, justru dapat membuka peluang komunikasi baru antara pelanggan dengan pemilik bisnis. Konferensi video dapat menurunkan biaya transportasi, meningkatkan produktivitas, dan bisa sebagai tempat promosi.

Jika kamu ingin mengetahui berbagai tren digital marketing, kamu bisa bergabung bersama kami di Campus Digital. Kamu akan di dampingi mentor profesional yang siap membantumu. Tunggu apalagi? Yuk, gabung bersama aku di campus digital!

Hubungi Kami