Tasya Billa

Kontributor

2 tahun yang lalu


#trik & tips #sosial media #digitalmarketing

Tutorial: Cara Menulis Blog Gratis di Blogger.com

2 tahun yang lalu - By Tasya Billa

Tutorial: Cara Menulis Blog Gratis di Blogger.com

Jika Anda sudah lama menulis blog tetapi tidak tahu cara untuk mempublikasikanya. Cara terbaik untuk mempublikasikan blog pertama Anda adalah dengan salah satu layanan gratis yang tepat untuk orang-orang seperti Anda yaitu di Blogspot (Blogger.com). Blogspot merupakan situs web penerbitan blog gratis dari Google.

Namun sebelum Anda membuat blog baru di Blogger.com, Anda harus memikirkan jenis topik yang akan Anda bahas di blog Anda. Salah satu hal pertama yang harus Anda pikirkan nama blog, karena nama blog Anda yang unik dapat menarik pembaca ke blog Anda.

Berikut ini adalah langkah mudah untuk memulai blog pertama Anda

Baca juga mengenai : Pentingnya Melakukan Branding Design untuk Marketing

Langkah Awal

Jika Anda ingin membuat akun Blogger.com, Anda harus memiliki akun Google. Setelah memiliki akun Google, Anda bisa membuka halaman web Blogger.com dan klik tombol masuk untuk memulai proses memulai blog Blogger.com baru Anda.



Masukkan Nama Blog Anda di Layar Buat Blog Baru

Masukkan nama yang telah Anda pilih untuk blog Anda dan masukkan alamat yang akan mendahului .blogspot.com di URL blog baru Anda, seperti bookstar.blogspot.com.

Blogger.com akan memberikan informasi apabila alamat blog Anda tidak tersedia atau sudah digunakan sebelumnya. Selain itu, Anda dapat menambahkan domain khusus. Domain khusus menggantikan .blogspot.com di URL blog baru Anda. Namun, Anda harus membayar untuk domain khusus tersebut.



Memilih Tema

Setelah menentukan alamat URL blog Anda, selanjutnya Anda memilih tema untuk blog baru Anda. Tema yang tersedia akan diilustrasikan di layar dan pilih satu untuk Blog Anda. Anda akan dapat menelusuri banyak tema tambahan dan menyesuaikan blog nanti.

Klik pada tema pilihan Anda dan klik tombol Apply

Penawaran untuk Domain Khusus

Anda dapat merubah alamat domain Anda menjadi lebih khusus yang menunjukkan indentias blog Anda. Jika Anda ingin melakukan hal tersebut, maka Anda dapat membeli domain khusus tersebut.

Jika Anda tidak menginginkannya, Anda tidak perlu membeli nama domain khusus untuk blog baru Anda. Anda dapat menggunakan .blogspot.com gratis tanpa batas waktu.

Menulis Blog Pertama Anda

Anda sekarang siap untuk menulis posting blog pertama Anda di Blogger.com baru Anda.

Klik tombol New Post untuk memulai. Anda dapat menulis blog Anda di bidang putih kosong dan klik tombol Preview di bagian atas layar untuk melihat seperti apa tampilan blog Anda yang nantinya akan diposting dalam tema yang Anda pilih. Preview dimuat di tab baru, tetapi tindakan ini tidak mempublikasikan blog Anda.

Mengedit Blog

Anda tidak perlu melakukan mengedit blog Anda dengan susah payah, lihatlah ikon-ikon yang berjajar di bagian atas layar. Mereka mewakili tools pemformatan yang dapat Anda gunakan untuk mengedit blog Anda. Arahkan kursor Anda ke atas masing-masing untuk penjelasan tentang fungsinya.

Seperti yang Anda harapkan, Anda memiliki format standar untuk teks yang menyertakan jenis huruf tebal, miring, dan garis bawah, pilihan tampilan dan ukuran font, dan opsi perataan.

Anda juga dapat menambahkan tautan dari website lain, gambar atau video. Anda dapat menggunakan tools tersebut untuk mengedit postingan Blog Anda. Bereksperimenlah sebentar dan klik Preview untuk melihat tampilannya.Jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, kamu bisa mengikuti kursus di Campus Digital. Tunggu apalagi yuk segera daftarkan diri kamu ke Campus digital!


Hubungi Kami