Rizky Dwi

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite #belajarseo #konsepdigitalmarketing #blog

Tutorial TikTok untuk Meningkatkan Bisnis Bagi Pemula

2 tahun yang lalu - By Rizky Dwi

Promosi sebuah bisnis melalui media sosial telah menjadi salah satu strategi digital marketing yang gencar orang lakukan saat ini. Ada orang yang memanfaatkan Facebook Ads untuk jualan, posting foto dagangan di Instagram, hingga membuat cuitan promosi di Twitter.

Belakangan ini, ada lagi media sosial yang banyak orang gunakan untuk mempromosikan bisnis yaitu TikTok. Pengguna aplikasi ini terdiri dari berbagai macam kalangan mulai dari yang tua hingga yang muda.

Bila Anda merupakan seorang pebisnis pemula yang baru saja merambah dunia TikTok sebagai media promosi, ada beberapa strategi yang perlu Anda lakukan. Berikut merupakan tutorial TikTok pemula untuk meningkatkan bisnis.

Kenali TikTok Lebih Mendalam

Tampilan gaya aplikasi media sosial ini tidak sama dengan Instagram yang penuh nuansa estetik atau Facebook yang memiliki kesan tua dan serius. Pengguna TikTok adalah anak-anak mudah milenial dan generasi Z. Oleh sebab itu, Anda wajib memahami betul-betul terkait cara kerja serta jenis konten yang pengguna TikTok minati. Ingat bahwa media sosial ini sangat identik dengan konten kreatif, jenaka, dan bersemangat. Bila Anda ingin menampilkan gaya promosi yang menarik sekaligus fresh, TikTok adalah pilihan tepat untuk Anda.

Buat Akun Bisnis

Supaya kegiatan promosi Anda berjalan lancar, buatlah akun khusus bisnis di TikTok. Cara ini dapat Anda lakukan dengan memasukkan data serta informasi setelah mengunduh aplikasi tersebut, kemudian langsung saja alihkan akun Anda menjadi akun bisnis. Pilihan ini terdapat pada menu Kelola Akun Saya. Bila sudah, jangan lupa untuk memasang foto menarik, menulis bio singkat dan jelas terkait usaha Anda, serta tautan menuju website toko online atau platform Anda yang lain.

Baca juga: Mengapa TikTok Digemari di Tengah Pandemi?

Perhatikan Kualitas Konten

Setiap orang pasti bisa membuat konten yang akan mengantarkan dirinya menjadi viral. Namun, jika konten Anda biasa saja dan tidak ada nilai atau value yang unggul, kemungkinan besar calon pelanggan pun tak akan tertarik dengannya. Maka dari itu, buatlah konten yang menarik dan menyenangkan. Pelajari setiap konten yang trending dan viral. Dengan cara ini, Anda dapat menciptakan konten yang membaur secara alami.

Manfaatkan Berbagai Hal Viral

Salah satu keunggulan TikTok untuk bisnis online adalah Anda dapat banyak orang kenal meski jumlah pengikut masih sedikit. Caranya adalah dengan 'menumpah' di effect, filter, serta sound yang sedang viral atau trending. Strategi ini terbilang cukup efektif untuk meningkatkan jumlah tayangan, mendatangkan pengikut baru, serta menaikkan tingkat engagement. 

Kerja Sama dengan Influencer

Bila sudah memilih media sosial sebagai media untuk promosi dagangan, mau tak mau Anda wajib menyisihkan sedikit biaya untuk bekerja sama dengan influencer. Namun, Anda tak bisa sembarangan dalam menggunakan jasa mereka. Anda harus mempelajari terlebih dahulu tentang audiens mereka beserta tipe konten yang kerap mereka unggah. Tujuannya adalah agar apa yang Anda jual bisa membidik target pasar yang tepat.

Demikianlah tutorial TikTok pemula untuk meningkatkan bisnis. Nah, bila Anda ingin belajar tentang ilmu digital marketing secara mendalam, langsung saja daftarkan diri Anda di Campus Digital sekarang juga.

Hubungi Kami