Fauzan Ahmat Rahmawan

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

UMKM Penggerak Ekonomi Nasional

2 tahun yang lalu - By Fauzan Ahmat Rahmawan

Usaha mikro kecil dan menengah yang sering disebut sebagai UMKM merupakan salah satu komponen penting dalam perekonomian nasional. Selain karena merupakan sumber dari dinamika ekonomi nasional, Usaha mikro kecil dan menengah juga menyerap tenaga kerja nasional. Masa pandemi covid-19 menjadi ujian bagi usaha mikro kecil dan menengah sekaligus ujian bagi perekonomian nasional. Jika Usaha mikro kecil dan menengah mampu bangkit maka perlahan namun pasti perekonomian juga akan bergerak semakin positif.

Pengertian UMKM

UMKM Merupakan sebuah istilah yang sudah sering di dengar oleh publik. Jika berbicara dari segi istilah maka UMKM merupakan kepanjangan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Pemerintah sendiri telah menetapkan pengertian UMKM dan kriterianya, beserta contohnya. Arti UMKM tersebut tertuang dalam UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Oleh karena itu dapat kita simpulkan bahwa UMKM merupakan sebuah usaha produktif yang dimiliki oleh perorangan maupun badan usaha yang memenuhi syarat sebagai usaha mikro sesuai dengan UU Nomor 20 Tahun 2008.

Manfaat Bagi Perekonomian Nasional

Usaha mikro kecil dan menengah memberikan banyak manfaat dalam perekonomian nasional. Usaha mikro kecil dan menengah merupakan roda penggerak ekonomi yang mampu menyerap berbagai sektor yang ada untuk meningkatkan perekonomian rakyat. Berikut adalah 3 manfaat strategis Usaha mikro kecil dan menengah dalam perekonomian nasional :

  1. Sarana Mengentaskan Kemiskinan Masyarakat

Usaha mikro kecil dan menengah merupakan suatu wadah perjuangan yang bisa dilakukan untuk menuntaskan persoalan kemiskinan yang ada dalam masyarakat. Salah satu alasan utamanya adalah mampu mengentaskan kemiskinan masyarakat adalah tingginya angka penyerapan tenaga kerja oleh Usaha mikro kecil dan menengah.

  1. Sarana Untuk Pemerataan Ekonomi Masyarakat

Usaha mikro kecil dan menengah juga memiliki peran dalam hal pemerataan ekonomi di masyarakat. Berbeda dengan perusahaan besar, UMKM memiliki lokasi di berbagai tempat. Termasuk di daerah yang jauh dari jangkauan perkembangan zaman sekalipun. Oleh karena itu UMKM bisa menjadi penggerak untuk pemerataan ekonomi nasional.

  1. Memberikan Devisa Bagi Negara

Manfaat yang juga tak kalah penting adalah dalam hal memberikan devisa bagi negara. Melihat data pada tahun 2017 dari dari Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan tingginya devisa negara dari para pelaku Usaha mikro kecil dan menengah. Angkanya pun sangat tinggi, mencapai Rp 88,45 miliar. Angka ini mengalami peningkatan hingga delapan kali lipat dibandingkan tahun 2016. Dalam masa pandemi saat ini UMKM harus membuat banyak kreasi dan inovasi agar tetap menjadi penggerak ekonomi nasional.

Itulah ulasan singkat mengenai Usaha mikro kecil dan menengah dan manfaatnya bagi perekonomian nasional. Semoga artikel ini dapat membantu anda mengenal dan paham mengenai UMKM. Untuk mendapatkan informasi lainnya terkait pemasaran maupun hal lainnya anda bisa membaca berbagai artikel yang ada dalam web ini. Kunjungi dan daftar Campus Digital

Hubungi Kami