Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

2 tahun yang lalu


Urgensi Konten Marketing

2 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Berkembangnya zaman membuat terjadi pergesaran dibanyak sector kehidupan salah satunya di dunia marketing. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa marketing merupakan ujung tombak dalam keberhasilan dan kesuksesan suatu bisnis. Sebaik apapun produk yang kita hasilkan namun lemah dalam pemasaran maka bisnis kita akan mengalami kegagalan. Salah satu strategi marketing yang efektif untuk digunakan saat ini yakni dengan menggunakan konten marketing.

Apa sih konten marketing itu? Dan seberapa urgensinya terhadap bisnis kita?

Menurut Gunelius (2011), content marketing adalah proses secara tidak langsung dan langsung mempromosikan bisnis atau merek melalui konten teks, video, atau audio yang bernilai tambah baik secara online maupun offline. Hal itu bisa terjadi dalam bentuk long-form (seperti blog, artikel, e-book, dan sebagainya), short-form (seperti update Twitter, update Facebook, gambar, dan sebagainya), atau bentuk percakapan (misalnya, sharing konten melalui Twitter atau berpartisipasi dalam diskusi aktif via komentar blog atau melalui forum online).

Baca Juga Konsep dan Sejarah Digital Marketing

Secara sederhananya konten marketing merupakan strategi pemasaran dengan menggunakan konten-konten digital yang mampu menarik audiensinya agar secara sadar atau tidak sadar membeli produk yang ditawarkan. Kalau marketing pada umumnya 75% isinya iklan produk, maka di konten marketing malah Cuma 25% saja yang isinya iklan produk, selebihnya story telling tentang sesuatu yang dibutuhkan oleh calon pelanggan.

Melihat daripada yang dimaksud konten marketing tersebut, lalu seberapa urgent menggunakan konten marketing untuk pemasaran produk kita? menurut Lembaga riset asal Inggris, Merchant Machine, dalam rilisnya terkait daftar sepuluh negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia. Indonesia memimpin jajaran negara-negara tersebut dengan pertumbuhan 78% pada 2018. Jumlah pengguna internet di Indonesia yang lebih dari 100 juta pengguna menjadi salah satu kekuatan yang mendorong pertumbuhan e-commerce.

Rata-rata uang yang dibelanjakan masyarakat Indonesia di situs belanja daring mencapai US$ 228 per orang atau sekitar Rp 3,19 juta per orang. Sekitar 17,7% responden membelanjakan uangnya untuk membeli tiket pesawat dan memesan hotel secara daring. Sebanyak 11,9% responden membelanjakan uangnya untuk produk pakaian dan alas kaki. Adapun kategori terpopuler ketiga adalah produk kesehatan dan kecantikan yang dipilih oleh 10% responden.

Melihat besarnya angka diatas tentu saja sudah menjawab hal utama betapa konten marketing menjadi sangat vital dalam ujung tombak strategi pemasaran suatu bisnis. Dengan makin banyaknya orang menggunakan belanja online, maka sebagai pelaku bisnis kita juga harus menggunakan digital marketing sebagai bagian utama strategi marketingnya.

Yang menjadi catatan, konten marketing tidak sesederhana mempromosikan suatu konten. Namun didalamnya berisi perencanaan, pembuatan sampai analisanya. Jadi ini menunjukan kesan pertama dari calon pelanggan ketika melihat konten marketing yang kita buat. Kesan pertama yang membuat mereka tanpa diminta akan membeli produk dari kita. Jadi, ayo mulai dirubah strategi pemasarannya dengan menggunakan konten marketing.

Yuk, lihat info selengkapnya dan daftar di sini!



Hubungi Kami