Kamilah Fihir Bawazir

Kontributor

2 bulan yang lalu


Verifikasi digisign, apa saja jenis tandatangannya?

2 bulan yang lalu - By Kamilah Fihir Bawazir

Saat ini, teknologi mengalami berbagai pembaharuan untuk memudahkan urusan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu yang mengalami adalah transformasi teknologi adalah tanda tangan. Tanda tangan adalah hal yang familiar dalam kehidupan sehari-hari. Tanda tangan memiliki banyak kegunaan, mulai dari pembuktian identitas, menjaga integritas transaksi atau dokumen, dan mengoreksi suatu dokumen atau surat penting sebagai bukti persetujuan. Oleh karena itu, seiring majunya perkembangan teknologi, tanda tangan juga mengalami berbagai perubahan, yaitu tanda tangan kini hadir dalam bentuk digital. Kalangan milennial juga menggunakan verifikasi digisign, lho!. Buat kalian yang belum tahu digisign, baca artikel ini sampai habis ya!

Perusahaan Elektronik yang menciptakan verifikasi digisign

PT. Solusi Net Internusa adalah perusahaan yang menaungi tanda tangan digital. Perusahaan ini bergerak di bidang Tanda tangan Elektronik (Digital Signature) & Penyelenggara Sertifikat Elektronik (CA-Certificate Authority). Pada akhirnya, perusahaan ini menciptakan suatu teknologi tanda tangan digital bernama gisign. Tanda tangan digital ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan juga praktis.

Terdapat 3 jenis tandatangan dalam dunia digital. Kalian boleh menggunakannya sesuai kebutuhan sehari-hari. Jadi, kepoin terus ya!

1. Simple

Pertama, tanda tangan digital simple adalah tanda tangan digital yang paling sederhana karena tidak mempunyai metode perlindungan. Contohnya adalah tanda tangan basah yang discan lalu dimasukkan dalam dokumen dan email signature yang kita letakkan di akhir surel dan centang kotak syarat.

2. Basic 

Selanjutnya, tanda tangan digital basic tidak memiliki banyak perbedaan dengan tanda tangan digital simple. Tanda tangan digital basic dapat melacak perubahan dokumen yang mendapatkan tanda tangan. Namun, tanda tangan digital basic tidak bisa mem-verifikasi identitas penggunanya secara maksimal.

Yuk, baca juga artikel mengenai Pelatihan Online Gratis Bersertifikat 2021

3. Advanced & Qualified

Tanda tangan digital Advanced & Qualified merupakan tanda tangan digital paling aman dan memiliki kekuatan hukum yang rule nya sebanding dengan tanda tangan basah di atas kertas. Tanda tangan digital level advanced dan qualified telah menerapkan teknologi public key infrastructure dan uneven cryptography.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya !

Pelajari selengkapanya dengan kunjungi Campusdigital

Hubungi Kami