Syifa Dhia Arina

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Video Marketing di Era Digital Marketing

2 tahun yang lalu - By Syifa Dhia Arina

Video Marketing di Era Digital Marketing

Video Marketing di Era Digital Marketing – Trend mempromosikan produk menggunakan video membuat berbagai brand berusaha berlomba-lomba membuat promosi produk atau jasa mereka melalui video. Konsumen juga lebih menyukai konten promosi dengan video, hal ini terbukti dengan riset yang dipublikasikan oleh HubSpot. Ternyata konten video dengan persentase sebanyak 43% lebih berkesan di benak audiens jika dibandingkan dengan konten gambar (36%) atau teks (18%).

Sebagai digital marketer, kamu perlu mengenali strategi digital marketing yang satu ini. Apa itu video marketing? Bagaimana cara membuatnya? Yuk, temukan jawabannya di dalam artikel ini!

Apa Itu Video Marketing?

Seperti namanya, strategi pemasaran digital yang satu ini menggunakan video untuk mempromosikan produk atau jasa dari sebuah brand. Dengan konsep video yang beragam dan menarik, membuat video marketing menjadi hits di era digital marketing seperti sekarang. Video marketing dengan konsep menarik dan berkualitas tentunya lebih mudah diserap oleh audiens. Bila kegiatan promosi berhasil mengenai target audiens, maka potensi audiens menjadi customer brand kamu pun semakin besar.

Baca juga Konten Digital Marketing : Jenis Beserta Manfaatnya

Cara Membuat Video Marketing untuk Bisnismu

Ada beberapa cara yang harus kamu lalui jika ingin membuat video marketing untuk mempromosikan bisnismu.

Membuat Konsep Video untuk Mempromosikan Brand Kamu

Agar strategi pemasaran menggunakan video untuk brand kamu lancar, ada baiknya kamu menyusun strategi tersebut dengan Metodologi Inbound. Metodologi Inbround adalah teknik yang dapat kamu lakukan untuk menarik calon konsumen dengan cara melakukan pendekatan serta penjualan melalui konten yang nantinya menciptakan interaksi bermanfaat antara kamu sebagai pebisnis dengan calon konsumen.

Cobalah buat video yang menggambarkan tantangan atau permasalahan calon konsumen yang nantinya akan mendatangkan brand kamu sebagai solusinya. Cara yang satu ini akan membuat target audiens yang merupakan calon konsumen sadar akan masalah dan cara mereka menyikapi permasalahan tersebut. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada keputusan pembelian.

Membuat Storyboard Video Marketing

Kamu bisa mencatat poin menarik apa saja yang ingin kamu sampaikan melalui video marketing. Setelahnya, buatlah skrip dan tentukan pembicara yang memiliki suara serta penampilan menarik juga sesuai untuk mempromosikan brand kamu.

Menyiapkan Tempat Rekaman Video

Menyiapkan berbagai kebutuhan rekaman seperti mencari tempat dan peralatan rekaman menjadi poin penting selanjutnya yang harus kamu perhatikan. Peralatan basic yang biasanya penting saat ingin rekaman seperti kamera, tripod, lampu, microphone dan masih banyak lagi. Kamu bisa mempelajari berbagai trik untuk menggantikan fungsi alat rekaman dengan alat yang lebih murah jika budgetnya terbatas.

Merekam dan Mengedit Video yang Sudah Kamu Rekam

Rekamlah video sesuai dengan konsep yang sudah kamu tuliskan pada skrip. Kemudian, kamu bisa mengedit video hasil rekaman tersebut dengan berbagai aplikasi video editing serta template gratis yang tersedia di internet agar video marketing kamu terlihat semakin menarik.

Optimasi SEO Video Marketing Bisnismu

Search Engine Optimization Video juga perlu kamu lakukan sebagai langkah akhir dalam pemasaran digital marketing menggunakan video marketing. Hal ini dapat membantu kamu dalam menarik lebih banyak audiens yang berpotensi menjadi customer loyal brand kamu.

Setelah membaca artikel di atas, apa kamu tertarik untuk membuat video marketing? Buat kamu yang masih bingung tentang video marketing dan ingin mempelajari berbagai strategi pemasaran dalam digital marketing dapat mengikuti kursus di Campus Digital. Informasi selengkapnya klik di sini yuk!

Hubungi Kami