Syifa Dhia Arina

Kontributor

2 tahun yang lalu


#wabsite #marketplace #tips&trik

Viral Marketing dan Manfaatnya untuk Perusahaan

2 tahun yang lalu - By Syifa Dhia Arina


Berkembangnya teknologi menjadi semakin canggih membuat viral marketing dan manfaatnya semakin dirasakan oleh banyak perusahaan. Terutama perusahaan yang menggunakan strategi pemasaran secara digital. Sebagai calon digital marketer profesional kamu harus mengetahui apa itu viral marketing dan bagaimana manfaatnya untuk perusahaan atau bisnismu. Kali ini, Campus Digital akan membahas secara singkat mengenai viral marketing. Yuk, fokus dulu dan simak artikel ini baik-baik!

Apa Itu Viral Marketing?

Viral marketing merupakan strategi promosi menggunakan iklan yang mampu menyebar dalam waktu yang sangat cepat seperti virus (viral). Strategi ini mengandalkan audiensnya secara suka rela untuk menyebarkan konten iklan yang sudah mereka buat. Strategi viral marketing ini berhubungan dengan strategi marketing Word of Mouth (WOM). Dengan viral marketing, produk atau jasa yang dipromosikan akan membuat masyarakat semakin aware. Hal ini pada akhirnya mampu menaikkan penjualan suatu produk atau jasa milik perusahaan. Pada era digital marketing, media sosial merupakan salah satu platform yang menjadi tempat untuk menyebarkan viral marketing.

Baca juga Product Knowledge dan Manfaatnya untuk Bisnis

Manfaatnya dalam Bisnis

Banyak manfaat yang dapat perusahaan atau bisnis rasakan dalam menggunakan strategi viral marketing. Maraknya penggunaan media sosial dalam kehidupan sehari-hari masyarakat pun membantu proses penyebaran content marketing semakin mudah dan cepat menjadi viral. Berikut berbagai manfaat yang dapat bisnis atau perusahaan rasakaan ketika menggunakan viral marketing:

  • Meningkatkan brand awareness dengan pesan viral yang berhasil tersampaikan kepada target audiens. Brand awareness yang semakin meningkat, membantu perusahaan mendapatkan keuntungan dari penjualan produk.
  • Viral marketing akan semakin besar dampaknya saat perusahaan kamu ingin menjual produk yang sedang viral. Hal ini terjadi karena calon konsumen akan memperhatikan produkmu dan ingin membeli produk kamu. Dengan begitu, perusahaan akan semakin cepat mendapatkan keuntungan.
  • Strategi viral marketing sangat membutuhkan kreativitas yang tinggi. Semakin kreatif dan berbeda dari yang lain, maka kesempatan pesan promosi yang kamu sampaikan untuk menjadi viral akan semakin besar.

Apakah kamu tertarik mempelajari viral marketing secara mendalam? Bagaimana langkah-langkah membuat viral marketing agar penerapannya sukses untuk bisnismu? Buat kamu yang penasaran, ikuti kursus digital maketing di Campus Digital yuk!

Hubungi Kami