Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


#yotube #youtube #sosialmedia #tips&trik #campusdigital

5 Cara Belajar Youtube Untuk Pemula

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

“Hey guys, welcome back to my channel” adalah salah satu kalimat yang sudah tidak asing lagi di telinga Anda ketika menonton YouTube. Pada tahun 2022, 94% penduduk Indonesia yang menggunakan internet mengakses YouTube. Hal ini membuktikan bila YouTube adalah media yang sangat populer di indonesia. Tidak heran jika semakin hari content creator di YouTube atau yang akrab disapa YouTuber juga makin banyak. Lantas, bagaimana cara belajar youtube untuk pemula?

YouTube merupakan platform media sosial untuk berbagi dan menemukan berbagai video. YouTube menyajikan berbagai konten yang kita butuhkan. Mulai dari konten yang informatif, edukatif, hingga hiburan. Sudah menjadi rahasia umum bila membuat konten di YouTube dapat menghasilkan uang. Tidak sedikit juga yang menjadikan penghasilan dari YouTube sebagai sumber penghasilan utamanya. Sebab itu, banyak orang yang ingin mulai belajar menjadi YouTuber.

Baca Juga: Bagaimana Cara YouTube Membayar YouTuber ?

5 Cara Belajar Youtube Untuk Pemula

1. Tentukan niche yang Anda minati

Niche merupakan ceruk atau konten yang spesifik dan fokus. Terdapat banyak kategori konten yang bisa Anda buat. Anda bisa memilih niche sesuai apa yang Anda suka atau kuasai. Tentukan juga niche yang topiknya bisa jadi beragam atau tidak habis untuk Amda bahas. Misalnya seperti fashion, musik, gaming, teknologi, kecantikan, pendidikan, kesehatan, dan lainnya

2. Tetapkan goals yang ingin Anda capai

Sebagai YouTuber, Anda harus memiliki tujuan yang hendak dicapai. Misalnya, ingin punya banyak subscriber, banyak penonton, dapat monetisasi konten, dan lainnya. Supaya bisa mencapai tujuan tersebut, Anda dapat memulai dengan mengatur target yang realistis.

Contohnya, dalam waktu 3 bulan, subscriber channel YouTube Anda harus mencapai 1000 orang. Atau video YouTube Anda mencapai 1000 tayangan dalam 2 minggu, dan target lainnya.

3. Membuat konten planning

Supaya membantu membuat konten planning, Anda dapat melakukannya dengan :

  • Mengenali target audiens
  • Menganalisa kompetitor
  • Riset kata kunci

4. Membuat akun dan channel Youtube

Membuat akun dan channel YouTube sangatlah mudah. Anda dapat membuat akun YouTube menggunakan akun Gmail atau akun Google yang langsung tersambung ke YouTube.

Anda dapat membuat nama channel yang unik dan mudah diingat seperti Nihongo Mantappu, atau nama pribadi juga bisa. Jangan lupa untuk melengkapi semua section yang perlu diisi di YouTube. Diantaranya, foto profil, gambar banner, deskripsi, info kontak, dan lainnya.

5. Menyiapkan alat-alat untuk memproduksi konten

Menghasilkan video yang berkualitas, tentu saja Anda membutuhkan beberapa alat. Anda tidak harus langsung berinvestasi pada peralatan yang mahal atau profesional di awal. Anda dapat memanfaatkan alat yang ada misalnya HP dengan kualitas kamera yang bagus, ring light untuk pencahayaan, dan microphone.

Memproduksi konten juga perlu menginstal dan mempelajari aplikasi edit video, contohnya Adobe Premiere, Sony Vegas, dan lainnya. Aplikasi editing video di handphone juga banyak, seperti inShot, FilmoraGo, KineMaster, Adobe Premiere Clip, dan lainnya.

Itulah lima cara yang bisa Anda lakukan untuk belajar youtube. Semoga cara tersebut bisa membantu Anda menjadi youtuber profesional. Bila Anda tertarik untuk belajar lebih dalam terkait video editing, segera bergabung bersama kami di Campus Digital.

Hubungi Kami