Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


5 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube? Jika Anda merasa bekerja di kantor bukan passion Anda, terdapat banyak alternatif pekerjaan yang bisa Anda lakukan. Salah satunya ialah menjadi seorang content creator YouTube. Banyaknya pengguna YouTube menjadi peluang besar untuk bisa menghasilkan uang dari platform ini.

Artikel ini akan membahas cara mendapatkan uang dari YouTube. Ayo simak pembahasan lengkapnya pada artikel ini!

Baca Juga: Belajar SEO YouTube untuk Meningkatkan Views

5 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Youtube

1. Melakukan Riset Kata Kunci

Perlu melakukan riset kata kunci, agar Anda bisa memproduksi konten yang benar-benar banyak orang cari.

2. Memahami Faktor-faktor Ranking di YouTube

Bila di hasil penelusuran Google Anda berkompetisi dengan ribuan website atau halaman lain, pada platform YouTube Anda juga akan berkompetisi dengan ratusan hingga ribuan channel lainnya. Harapannya pasti video Anda selalu tampil pada urutan teratas hasil penelususran kata kunci terkait.

Beberapa faktor penentu peringkat video pada Youtube, diantaranya jumlah komentar, jumlah subscriber, share video, Click Through Rate (CTR), dan durasi video.

3. Mengoptimasi judul dan description video Youtube

Judul video YouTube Anda harus membuatnya singkat, padat, jelas, dan mengandung focus kata kunci yang Anda targetkan. Hampir sama seperti blog yang bisa menggunakan angka di judul untuk listicle (list article), Anda juga dapat menggunakan hal yang sama pada video YouTube.

Deskripsi video akan memudahkan YouTube dan Google untuk mengetahui konteks video Anda. Mencantumkan deskripsi video minimal 250 kata. Pada deskripsi mengandung focus kata kunci yang Anda targetkan pada 25 kata pertama.

4. Memanfaatkan Penggunaan Tag

Hampir sama seperti WordPress, Anda juga dapat menambahkan tag ketika memposting video Anda pada YouTube. Tag dapat Anda gunakan melalui kolom di bawah deskripsi video. Tambahkan juga kata kunci terkait dengan video Anda di tag.

5. Promosikan Video Youtube melalui Social Media

Sebelumnya telah dibahas bahwa jumlah share di media sosial menjadi faktor penting untuk menentukan ranking Anda di hasil pencarian YouTube. Skema terbaiknya yaitu orang tidak sengaja menemukan video YouTube Anda, kemudian menyukainya, dan membagikannya di berbagai media sosial.

Demikian 5 cara mudah yang dapat Anda coba untuk mendapatkan uang dari Youtube. Semoga membantu. Anda tertarik untuk belajar lebih dalam terkait multimedia? Mari segera bergabung bersama kami di Campus Digital

Hubungi Kami