Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


#youtube #seo #seoyoutube #digitalmarketing #tips&trik

Belajar SEO YouTube untuk Meningkatkan Views

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Bila berdiskusi tentang search engine optimization (SEO), mayoritas orang hanya mempelajari khusus untuk Google. Sebenarnya tidak hanya itu, Anda penting juga untuk belajar tentang SEO YouTube. YouTube bisa disebut juga search engine yang didesain khusus untuk berbagai macam jenis video.

Bila memikirkannya kembali, hal ini benar juga. Sebagai user, pada saat mencari sebuah keyword di YouTube, Anda pasti memilih video yang ada pada halaman awal dari hasil pencarian. Konsep pencarian pada YouTube dan search engine lainnya tidak jauh berbeda.

SEO Youtube merupakan sebuah langkah mengoptimasi video yang Anda buat dan unggah ke Youtube. Tujuannya yaitu membuat video Anda lebih banyak yang nonton. Seperti Google, SEO Youtube juga menggunakan kata kunci tertentu agar video Anda tampil di posisi atas. Lantas, adakah tips khusus untuk mempelajarinya? Anda tidak perlu khawatir, artikel ini akan membahas SEO YouTube.

Baca Juga: Optimasi SEO Youtube

5 Tips Belajar SEO YouTube

1. Riset Kata Kunci atau Keyword

Menentukan keyword yang akan Anda gunakan, baiknya melakukan riset dahulu. Pemilihan kata kunci akan menentukan posisi dan persaingan konten Anda. Kata kunci memiliki volume pencarian, bila volume pencarian besar, berarti banyak user yang mencari dengan kata tersebut.

Bila volume pencarian besar, biasanya persaingan akan semakin besar. Akun Youtube yang lebih besar, biasanya yang akan menempati peringkat atas. Jadi, Anda bisa mencoba cari kata kunci yang volume pencariannya tidak terlalu besar, atau menggabungkan beberapa kata kunci dengan volume pencarian besar dan kecil.

2. Buat Judul dan Thumbnail yang Menarik

Sebelum memilih video, penonton pasti melihat judul dan thumbnail dahulu. Bila judul dan thumbnailnya menarik, penonton akan tertarik untuk menonton videonya. Sebagus apapun konten Anda, jika judul dan thumbnailnya biasa saja, tidak banyak orang yang akan mengklik videonya.

3. Cantumkan Keyword ke dalam Deskripsi Video

Anda tidak hanya mencantumkan keyword pada judul video, Anda juga perlu menuliskannya pada kolom deskripsi. Karena bila YouTube mendeteksi keyword tertentu di dalam deskripsi video Anda, YouTube dapat menetapkannya sebagai hasil yang relevan untuk keyword tersebut.

4. Buat Video Menarik dengan Kualitas Terbaik

Tidak sedikit creator berpikir bahwa yang penting mereka sudah membuat video yang bagus. Namun, tidak memikirkan apakah videonya menarik atau tidak untuk penonton.

Menurut Backlinko, semakin lama penonton bertahan pada video Anda, semakin besar kemungkinan YouTube merekomendasikan video Anda. YouTube pasti ingin merekomendasikan video yang dianggap menarik. Salah satu indikatornya yaitu video yang sering ditonton hingga habis.

5. Pasang Tag dan Kategori Sesuai dengan Kata Kunci

Tag dan kategori memiliki fungsi yang berbeda. Kategori memiliki fungsi untuk menentukan klasifikasi videonya. Apakah videonya masuk ke kategori olahraga, hiburan, atau musik. Tag memiliki fungsi untuk memberitahu karakteristik kontennya. Seperti Anda membuat video tutorial membuat artikel. Anda bisa memasang tag edukasi, artikel, dan sejenisnya.

Itu dia tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai belajar seo YouTube. Semoga cara tersebut bisa membantu Anda untuk meningkatkan views YouTube. Bila Anda tertarik untuk belajar lebih dalam terkait digital marketing, yuk segera bergabung bersama kami di Campus Digital.

Hubungi Kami