Muhammad Hanif

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

5 Keunggulan Menggunakan Akun Bisnis Facebook

2 tahun yang lalu - By Muhammad Hanif

Berkembangnya teknologi membuat berbagai macam inovasi muncul dengan cepat. Banyak orang yang mencoba untuk memulai bisnis baik secara offline maupun online. Namun, juga tidak sedikit orang yang masih belum memerhatikan akan keberadaan akun bisnis Facebook. Sehingga, bisnis mereka cenderung memiliki perkembangan yang tidak terlalu maksimal.

Baca juga Apa Itu Aktivitas Bisnis? Berikut Penjelasannya

Nah sebelum menggunakan akun bisnis Facebook, kamu wajib tahu terlebih dahulu definisi dan keunggulan-keunggulan yang bisa kamu bisa terhadap bisnis yang sedang berjalan. Apa saja keunggulannya? Yuk simak lebih lanjut.


Apa itu Akun Bisnis Facebook?

Merupakan salah satu fitur Facebook yang mempunyai tujuan untuk membantu mengoptimalkan suatu bisnis. Siapapun bisa membuat akun bisnis ini dengan cara membuat Halaman Facebook terlebih dahulu.

Untuk mengelola halamannya bisa menggunakan fitur yang telah tersedia dari Facebook yaitu Business Manager. Inilah tempat mengelola post, membuat iklan, melihat perkembangan bisnis, dan lain sebagainya. Tentunya dengan segala kegiatan tersebut bisa sangat membantu suatu bisnis.

 

Cara Membuat Akun Bisnis Facebook

Mudah sekali untuk membuatnya yaitu dengan membuat halaman Facebook terlebih dahulu. Jika sudah, untuk mengelolanya menggunakan Business Facebook Manager yang bisa dibuat dengan daftar melalui business.facebook.com. Nantinya business manager ini akan terintegrasi dengan halaman Facebook.

 

Keunggulan Akun Bisnis Facebook

Budget yang bisa disesuaikan

Aktivitas pemasaran biasanyan memiliki budget yang besar, namun melalui channel di Facebook bisa menbisakan budget yang lebih murah. Ini membuatnya ideal untuk usaha kecil dan menengah dengan anggaran pemasaran terbatas. Bisnis yang lebih besar juga bisa mencoba konsep dan tema pemasaran melalui Facebook sebelum melakukan kampanye yang lebih besar.

Traffic meningkat pesat

Kamu bisa menyertakan link web di halaman Facebook. Banyak bisnis melaporkan bahwa manfaat terbesar dari Facebook adalah traffic yang diarahkan ke website. Pengunjung yang datang ke website bisa melihat pesan pemasaran yang lebih kuat dan sering untuk membeli barang dan jasa yang ditawarkan.

Pelanggan yang datang ke website kamu dari Facebook cenderung lebih reseptif daripada pengunjung rata-rata, karena mereka sudah mengetahui sesuatu tentang bisnis kamu dan termotivasi untuk mengeklik link yang tersedia. 

Iklan yang tertarget

Facebook bisa menganalisis semua informasi yang masuk pada jutaan pengguna ke dalam profil. Sebagai pemilik halaman bisnis, kamu bisa membayar untuk menggunakan informasi ini untuk mengirimkan iklan ke target pasar.

Misal, sebuah toko olahraga bisa menggunakan Facebook untuk menghitung berapa banyak pria usia tertentu pada kota tertentu yang mencantumkan 'Sepak Bola' sebagai minat. Kemudian mereka bisa mengembangkan iklan untuk barang jersey klub dan membayarnya agar hanya muncul pada halaman orang yang memiliki minat yang sama.

Meningkatkan brand awareness

Kamu bisa mendorong pelanggan dan calon pelanggan untuk mengklik tombol 'Suka' di halaman Facebook kamu. Ketika mereka menyukai, pelanggan kamu akan menerima pembaruan, teman-teman mereka juga akan melihatnya. Ini membantu membangun kesadaran akan bisnis kamu. Pelanggan juga bisa memposting pesan positif tentang produk atau layanan kamu.

Baca juga Brand Awareness: Pengertian dan Cara Menciptakannya!

Menceritakan informasi tentang bisnis

Halaman Facebook kamu adalah tempat untuk mempublikasikan nama bisnis kamu, alamat, dan kontak, dan menjelaskan secara singkat produk dan layanan kamu. Kamu juga bisa share tentang staf, sejarah, atau aspek lain dari bisnis kamu yang mungkin menarik pengguna Facebook lain dan membuat minat pada apa yang kamu lakukan.

Itulah beberapa keunggulan yang bisa kamu bisakan jika menggunakan Akun Bisnis Facebook. Tidak ada salahnya untuk mencoba yang bisa memudahkan kamu untuk menjalani suatu bisnis. Bagaimana? Tertarik untuk pakai? Kunjungi dan daftar ke Campusdigital


Hubungi Kami