Farah Salsabil

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

7 Strategi Bisnis Melalui Media Sosial Twitter

2 tahun yang lalu - By Farah Salsabil

Twitter merupakan salah satu media sosial yang memiliki banyak sekali pengguna aktif. Saat ini pengguna bulanan Twitter telah mencapai lebih dari 330 juta pengguna bulanan. Meskipun masih kalah populer dengan Youtube dan Instagram, Twitter masih menjadi media sosial yang cukup berpengaruh termasuk dalam berbisnis. Banyaknya pengguna Twitter menjadi pangsa pasar potensial untuk mempromosikan produk atau jasa. Melalui strategi yang tepat, Twitter dapat menjadi media bisnis yang baik untuk meningkatkan angka penjualannya.

Nah, bagi kamu yang ingin mulai berbisnis melalui media sosial khususnya Twitter, tentunya ada kamu bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan bisnis kamu. Apa saja strateginya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19

Mengoptimalkan Profil

Tampilan profil menjadi hal yang sangat penting karena profil merupakan wajah dari usaha bisnis sehingga menentukan reputasi bisnis. Untuk itu, kamu perlu mengoptimalkan profil perusahaan terlebih dahulu. Informasi-informasi yang dibutuhkan dalam pembuatan profil perusahaan wajib untuk kamu lengkapi. Informasi yang lengkap dapat meningkatkan kredibilitas akan legalitas perusahaan.

Hal yang mendasar dalam mengoptimalkan profil yaitu memilih username yang tepat. Kamu harus memilih username yang sesuai dengan bisnis yang kamu tekuni dan usahakan mudah untuk diingat. Akan lebih baik jika kamu menggunakan username yang sama dengan media sosial lain yang kamu gunakan untuk bisnis kamu, hal ini akan memudahkan pelanggan untuk menemukan bisnis kamu.

Selain itu, kamu harus menggunakan foto profil yang dapat merepresentasikan bisnis kamu, gunakan juga header image yang berhubungan dengan bisnis kamu. Hal ini berguna untuk meningkatkan branding dan reputasi bisnis kamu. Selanjutnya, lengkapilah bio dengan informasi yang mudah dipahami dan tentunya berguna bagi pelanggan. Usahakan kamu membuat bio yang eye-catching.

Memperhatikan Waktu Pengunggahan Tweet

Agar tweet dapat mencapai audiens seluas mungkin maka kamu perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk mempublikasikan tweet kamu. Biasakan aktif di pagi, siang, dan sore karena waktu-waktu tersebut adalah ketika audiens mengisi waktu senggang di jalan untuk berangkat beraktivitas dan stirahat makan siang. Pergerakan linmasa Twitter lebih cepat dibanding media sosal Instagram dan Facebook, jadi sebaiknya tweet dapat diposting beberapa kali sehari.

Aktif Berinteraksi dengan Followers dan Ikuti Obrolan Terkini

Twitter menjadi sarana komunikasi dengan pelanggan. Komunikasi yang baik melalui interaksi yang dilakukan secara berkala dapat menarik perhatian pelanggan bahkan memberikan kesan yang baik. Hal ini akan menaikan engagement Twitter kamu. Selain dengan membalas, kamu juga bisa melakukan retweet atau memberikan like. Kamu juga dapat mengadakan sebuah kuis berhadiah dalam melakukan interaksi dengan pelanggan kamu.

Selain itu, kamu juga bisa memancing perhatian dengan bergabung dalam obrolan yang sedang menjadi trending topic di Twitter. Dengan begitu, kamu bisa memperkenalkan bisnis bisnis kepada netizen yang belum mengetahui produk kamu. Namun hindarilah pembicaraan yang sensitive seperti SARA dan politik.

Rutin Mengunggah Fleet

Fleet merupakan fitur baru Twitter yang membantu kamu menyampaikan hal-hal ringan dalam format cerita. Kamu harus rutin mengunggah fleet di akun bisnis kamu agar mendapat perhatian lebih dari para pengikut dan meningkatkan validitas dari bisnis kamu. Fleet juga membantu kamu dalam membangun komunikasi yang kuat dengan pengikut sekaligus mengubah cara audiens memberi penilaian terhadap bisnis kamu. Kamu bisa mengunggah video atau gambar kegiatan yang bebarengan dengan waktu event diadakan sehingga dapat member engagement rate yang bagus. Misalnya membagikan momen launching produk baru, promo terbatas, atau unboxing produk.

Memakai Hastag

Hashtag atau tanda pagar menjadi fitur terbaik untuk mempromosikan bisnis. Kamu bisa memakai hashtag pada Twitter secara khusus ataupun umum agar netizen dapat menemukan bisnis kamu dengan mudah. Tidak hanya itu, hashtag juga akan membantu kamu menjadi trending topix sehingga calon konsumen akan lebih mudah mengenal produkmu.

Menggunakan Tweet Ads

Saat ini Twitter telah menyediakan fitur Ads untuk beriklan. Kamu bisa menggunakan Twitter Ads sebagai salah satu strategi pemasaran bisnismu di Twitter. Twitter Ads menjadi solusi cepat apabila kamu mempunyai target marketing. Dengan begitu, upaya promosi bisnis kamu akan lebih efektif.

Bekerja Sama Dengan Selebtweet

Selain menggunakan Twitter Ads, kamu bisa bekerja sama dengan selebtweet yang memiliki followers sesuai dengan bisnis kamu. Hal ini dapat menarik calon pembeli dan dapat menaikkan kemungkinan mereka untuk membeli produk kamu.

Itulah beberapa strategi bisnis di Twitter yang dapat kamu terapkan untuk bisnis kamu. Apabila kamu tertarik mempelajari bisnis online lebih lanjut,

kamu bisa bergabung bersama kami di kursus Campus Digital. Yuk segera daftar!

Hubungi Kami