Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Dosen

3 tahun yang lalu


#bisnis #bisnisonline #marketing #digitalmarketing #pemasaran

7 Tips Meyakinkan Konsumen

3 tahun yang lalu - By Randy Rahman Hussen, S.Pd.

Salah satu hal penting yang mendasar dalam suatu bisnis adalah bagaimana menerapkan strategi dalam meyakinkan konsumen, dari sisi konsumen pun akan melakukan berbagai hal untuk bisa meyakini bahwa suatu produk adalah layak untuk dibeli. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk meyakinkan konsumen :

TIPS 1: Kualitas Produk 

Tawarkan produk yang mempunyai kualitas yang baik. Kualitas yang baik bisa dalam bentuk kemasan, isi produk (konten), rasa produk (jika makanan), serta pelayanan prima kepada konsumen.

TIPS 2: Aktif Promosi 

Aktiflah dalam melakukan promosi produk. Yakinkan konsumen dengan mempromosikan kelebihan produk yang kita tawarkan agar konsumen semakin yakin dengan produk kita. Promosi bisa dilakukan secara online melalui sosial media maupun secara offline melalui sales lapangan.

TIPS 3: Bukti Contoh 

Tunjukkan contoh produk yang kita punya untuk meyakinkan konsumen, contoh produk bisa katalog, dummy produk atau produk asli sebagai contoh. Karena banyak konsumen agar lebih meyakinkan butuh contoh nyata dari produk yang kita tawarkan.

TIPS 4: Testimoni 

Buat Testimoni dari konsumen atau klien yang pernah menggunakan produk kita. Testimoni ini bisa ditempatkan di setiap media promosi yang kita punya, mulai dari brosur, banner, hingga sosial media. Testimoni ini bertujuan untuk memberikan kesan yang baik dari pengalaman konsumen yang sudah pernah menggunakan produk kita. 

TIPS 5: Pencapaian 

Kita bisa membuat list atau daftar konsumen atau klien yang pernah membeli produk kita, berikan informasi kepada mereka atas pencapaian-pencapaian yang telah diperoleh bisnis kita.

TIPS 6: Demo Produk 

Demo produk atau strategi trial produk pun penting untuk bisa dilakukan, sehingga konsumen bisa merasakan produk kita, hal ini penting agar konsumen bisa merasakan sendiri produk kita (consumer experience).

TIPS 7: Membangun Merek 

membangun merek adalah hal penting untuk membangun keyakinan konsumen dalam jangka panjang. Merek mengindikasikan sebuah kepercayaan yang telah diberikan konsumen kepada suatu produk. Lakukan strategi komunikasi pemasaran yang konsisten untuk membangun sebuah merek.

Kunjungi informasi lainnya di Campus Digital.

Hubungi Kami