Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


Alat yang Sering Digunakan untuk Optimasi SEO Off Page

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan website. Bagi Anda pengusaha yang memiliki website bisnis sendiri, tujuan dari membuat website yaitu untuk mendapatkan keuntungan. Proses untuk bisa mendapat keuntungan, maka website Anda harus memiliki banyak pengunjung atau meningkatkan traffic website. Ada beberapa alat yang sering digunakan untuk optimasi seo off page.

SEO Off Page merupakan sebuah cara optimasi yang berfokus pada mendapatkan dukungan dari luar terhadap sebuah website. SEO on-page dan SEO Off Page memiliki peran yang sama pentingnya untuk meningkatkan traffic website Anda dan membuatnya menjadi populer.

Baca juga: Panduan Pemula SEO di Google

Cara yang Sering Digunakan untuk Optimasi SEO Off Page

Alat yang sering digunakan untuk optimasi SEO Off Page yaitu:

1. Link Building

Link building adalah sebuah teknik SEO Off Page untuk mendapatkan tautan dari situs lain menuju situs Anda atau backlink.

Pada tahapan link building, terdapat faktor utama yang harus Anda perhatikan, antara lain:

  • Authority : Memperoleh backlink dari situs yang memiliki otoritas domain tinggi dapat membantu situs Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik pada hasil pencarian
  • Relevansi Topik : Keselarasan dari situs yang memiliki topik beriringan dengan isi bisnis Anda.
  • Link Dofollow dan Nofollow : Ada dua jenis link saat ingin membuat backlink yaitu bersifat dofollow yang akan Google baca dan untuk menentukan peringkat hingga domain dan page authority sebuah website. Kemudian ada yang bersifat nofollow, artinya Google tidak akan menggunakannya untuk menilai suatu website.
  • Traffic Traffic atau volume kunjungan ke suatu website juga penting Anda pertimbangkan saat melakukan link building, terutama bila Anda saling bertukar dengan website lain. 

 2. Pemasaran Konten

Pemasaran konten yang bisa Anda jadikan sebagai teknik SEO Off Page adalah membuat dan membagikan konten Anda yang berkualitas, mempublikasikan guest post, serta mempublish infografis.

3. Mempromosikan Website Melalui Media Sosial

Media sosial dapat Anda gunakan untuk membagikan pemberitahuan setelah Anda baru saja mempublish konten atau artikel baru pada website Anda. Bila mendapatkan respon bagus, Google bisa menerima sinyal bahwa konten yang Anda rilis sangat menarik bagi audiens Anda. 

4. Memanfaatkan Google Bisnis

Selanjutnya, tak ada salahnya bila Anda juga menambahkan informasi tentang bisnis Anda ke platform yang Google miliki oleh Google yaitu Google MyBusiness atau Google Bisnisku.

Itu dia cara yang sering dignakan untuk optimasi SEO Off Page. Semoga cara tersebut bisa membantu untuk meningkatkan traffic website Anda. Jika Anda tertarik untuk belajar lebih jauh terkait SEO dan digital marketing, segera bergabung bersama kami di Campus Digital.

Hubungi Kami