Algoritma facebook terbaru 2021, simak penjelasannya!
3 tahun yang lalu - By Desty Purnama
memahami cara kerja algoritma facebook
memahami algoritma facebook[/caption]
Facebook merupakan platform media sosial dengan pengguna akses terbanyak. Hal ini tentu saja membuat siapapun berlomba-lomba untuk memahami konten seperti apa yang mampu menarik banyak audience. Sistem kerja dalam facebook itu sendiri menggunakan sistem algoritma.
Sistem ini sering mengalami perubahan dari masa ke masa. Hal ini tentu saja menyulitkan pengguna dalam menebak konten seperti apa yang mampu menarik banyak audience. Sebagai pengguna terutama bagi kita yang sering berjualan dalam platform tersebut, kita harus mengikuti perkembangan algoritma paling tidak satu tahun terakhir. Hal ini bertunjuan untuk mempermudah kita dalam menarik audience.
Apa itu algoritma facebook?
Algoritma facebook adalah suatu sistem atau kebijakan yang mengatur dan menetapkan setiap tampilan postingan beserta urutan yang akan muncul dalam beranda facebook.
Di dalam facebook sendiri ada banyak algoritma yang terlibat dalam sistem operasi. sistem ini menggunakan teknologi machine learning
Dengan teknologi ini facebook mampu memprediksi tipe konten seperti apa yang pengguna sukai berdasarkan aktivitas pengguna di facebook selama ini. Sehingga konten yang muncul dalam beranda adalah konten yang paling cocok dan paling pengguna sukai. Tujuannya untuk meningkatkan interaksi para pengguna terhadap konten-konten tersebut
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALGORITMA 2021
Pada tahun ini ada 4 faktor yang harus kamu perhatikan karena memiliki pengaruh terhadap penilain algoritma
- Inventory
Inventory merupakan jumlah konten yang dapat tampil dalam beranda seorang pengguna biasanya inventory tergantung seberapa aktif pengguna dalam scrolling
- Signal
Pada faktor ini facebook mengumpulkan informasi terkait suatu konten seperti tipe konten, siapa authornya dan lain-lain
- Prediction
Pada faktor ini algoritma akan menyimpulkan berdasarkan perilaku pengguna seperti konten yang mendatangkan reaksi positif dari penggunanya
baca juga: 5 langkah mudah optimasi facebook organik
- Relevancy score
semakin tinggi nilai suatu konten maka semakin relevan dengan pengguna, semakin tinggi nilai relevansinya maka akan lebih memungkinkan untuk tampil di beranda
Cara kerja algoritma facebook 2021
- Menggumpulkan seluruh postingan yang tersedia di network pengguna kemudian melakukan penilaian terhadap setiap konten berdasarkan rangking signal yang umum
- Kemudian facebook menyingkirkan postingan yang tidak mendapat engagement dari pengguna berdasarkan informasi dari perilaku pengguna. Facebook juga akan menghilangkan konten yang tidak menarik bagi pengguna
- Setelah terkumpul konten yang sesuai dan bagus maka facebook akan memberikan penilaian konten yang akan menjadi prioritas berdasarkan parameter
- Terakhir facebook akan menentukan urutan konten yang akan terletak paling atas yang cocok bagi pengguna
Itulah cara kerja algoritma facebook yang cukup simple dan cerdas. Setelah membaca artikel ini kamu bisa mulai menyusun strategi yang tepat untuk meningkatkan rating kontenmu agar relevan dengan audiens target
kunjungi campusdigital untuk membaca artikel lainnya