Debora Kezia

Kontributor

2 tahun yang lalu


#trik & tips #facebookorganik

5 Langkah Mudah Optimasi Facebook Organik

2 tahun yang lalu - By Debora Kezia

Halo sobat people! Gimana kabarnnya? Semoga baik-baik saja ya. Ada yang menarik nih di dunia marketing, yaitu Facebook Marketplace. Pasti platform ini sudah tidak asing lagi di kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Dengan menggunakan Facebook yang sudah sering kita gunakan, ternyata Facebook dapat menjadi tempat untuk kamu yang tertarik di dunia marketing atau pemasaran.

Caranya sangat mudah kamu dapat mendaftar terlebih dahulu di akun Facebook kamu, kemudian kamu harus memenuhi seluruh syarat yang dibutuhkan untuk dapat mendaftar di Facebook Marketplace. Benefit lainnya yang kamu dapatkan adalah jangkauan Facebook yang sangat luas. Kamu dapat mempromosikan produk-produk kamu bahkan mencakup Internasional.

Apabila kamu sudah memiliki tempat untuk berjualan di Facebook Marketplace, kamu harus melakukan hal yang satu ini untuk dapat meningkatkan penjualan kamu di Facebook Marketplace. Namanya adalah optimasi Facebook organik, optimasi adalah langkah untuk meningkatkan jangkauan organik akun Facebook kamu.

Dengan melakukan optimasi ini dijamin produk-produk kamu semakin laris dan marketplace kamu akan semakin dikenal banyak orang. Gimana sih cara melakukan optimasi ? Jangan khawatir karena akan ada penjelasan bagaimana kamu dapat melakukan optimasi di akun kamu.

Baca juga : Cara Jualan di Facebook Marketplace 

Cara Melakukan Optimasi Akun Facebook

Kejelasan Profile

Kamu pasti sudah tahu mengenai profil suatu akun kan, pastikan kamu melengkapi seluruh profil kamu. Anda dapat membuat profil akun anda dengan nama asli anda agar menghindari ketidakpercayaan para pembeli terhadap profil akun anda. Anda dapat membuat profil anda cukup menarik tapi tidak terlepas dengan kelengkapan dan kejelasan profil yang anda buat.

Menambahkan Teman Sesuai Target Market Kamu

Kamu dapat menambahkan teman yang berhubungan dengan penjualan kamu atau market kamu. Kamu dapat mencari tahu di laman pencaharian dan meminta pertemanan kepada mereka. Ini akan sangat bermanfaat karena akan sangat membantu produk-produk kamu dapat kamu pasarkan kepada mereka yang memiliki hubungan yang sama dengan produk-produk anda.

Post Konten yang Berkualitas

Anda dapat mengupload postingan yang menarik mulai dari gambar, kata-kata, motivasi atau yang lainnya. Dimana postingan yang akan anda upload jangan sampai mengandung SARA, bersifat politis, atau menyinggung golongan. Pasti akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat melakukannya. Tapi jangan khawatir karena hal ini akan sepadan dengan luasnya jangkauan organik yang akan anda dapatkan.

Baca juga : Penjualan di Masa Pandemi Covid-19

Update Status 3 kali sehari

Kamu tidak harus mengupload produk-produk kamu, tetapi kamu dapat mengupdate status kamu lebih sering agar para pembeli semakin tertarik dan akun kamu tetap aktif setiap hari. Anda dapat mengupload status-status lucu dan menarik ataupun teka-teki agar dapat memancing perhatian mereka.

Ikut Berinteraksi

Anda juga harus bersifat aktif selama menjalankan akun anda dalam Facebook Marketplace ini. Anda dapat membalas komentar mereka atau ambil bagian dalam memberikan like maupun komentar pada akun orang lain juga. Lakukanlah dengan teratur agar akun anda benar-benar terlihat aktif. Meningkatkan penjualan dengan kesadaran untuk ikut berinteraksi memang membutuhkan konsistensi dan ketekunan.

Itulah 5 langkah mudah agar anda dapat melakukan optimasi Facebook organik yang dapat meningkatkan penjualan anda. Apabila anda sudah menerapkan 5 langkah tersebut, dijamin anda akan melihat peningkatan yang sangat pesat dalam penjualan anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil ^^

Apabila anda ingin menjadi content writer, anda dapat bergabung pada laman ini Campus Digital.

Hubungi Kami