Nadira Irsalina

Kontributor

2 tahun yang lalu


# marketplace #wabsite

Algoritma Faktor Penentu Trending Topik Twitter

2 tahun yang lalu - By Nadira Irsalina

Perlu kalian ketahui twitter adalah salah satu media sosial yang unik dan berbeda dengan media sosial lainnya. mengapa demikian? hal tersebut di karenakan twitter memiliki salah satu fitur unik yaitu Trending topik twitter. Trending topik twitter juga dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya penentunya adalah Algoritma. apa itu algoritma? simak baik-baik di bawah ini.

Trending topik twitter idientik dengan kata viral. kenapa demikian? hal tersebut di karenakan perbincangan tersebut menarik perhatian nitizen. hingga mereka mulai mengikuti trend tersebut dan membicarakannya. jika mereka telah tertarik pada suatu trend maka mereka akan membuat tweet dengan hastag terkait, dan kemudian tweet tersebut terus meningkat hingga akhirnya menjadi trending twitter.

3 HAL YANG MENENTUKAN TRENDING TWITTTER
  1. Algoritma

Perlu anda ketahui bahwa trend twitter di tentukan oleh suatu algoritma. trend twitter disesuakaikan secara otomatis untuk pengguna, berdasarkan akun siapa yang mereka ikuti,minat dan juga lokasi anda berada. anda juga dapat mengubahnya dengan mudah. pada menu pengaturan anda juga dapat mengganti lokasi sesuai dengan tweet yang anda inginkan. anda juga dapat menemukan topik populer di lokasi tertentu.

Bagaimana kah cara kerja algoritma twitter?

Dengan anda memfollow seseorang, maka beranda twitter anda akan muncul orang-orang yang anda ikuti tersebut. anda juga dapat mengikuti hastag tentang minat yang anda sukai. maka secara otomatis beranda twitter anda akan berisi minat anda. tren juga dapat muncul dari lokasi anda, anda dapat mengikutinya, dan juka anda bosan maka dapat menggantinya. perlu anda ketahui walau algoritma bersifat otomatis tetapi anda dapat mengatur dan mengubahnya.

Algoritma tersebut dapat mengidentifikasi tentang topik yang populer pada saat ini, dan bukan topik yang populer beberapa waktu atau topik harian, hal tersebut guna membantu pengguna dapat mudah menemukan topik diskusi terhangat di Twitter. Jumlah Tweet yang terkait dengan ini hanyalah salah satu faktor yang diperhitungkan dalam algoritma, pada saat menilai dan menentukan tren. karena algoritma Tren dan hashtag dikelompokkan bersama-sama jika masing-masing terkait dengan topik yang sama.

2. Banyaknya Jumlah Tweet

Suatu Trend tentunya sangat di pengaruhi oleh jumlah orang yang membuat tweet tentang topik tersebut. banyaknya jumlah tweet juga dapat di lihat dari tagar pada setiap postingan. semakin banyak tweet yang membecirakan topik tersebut maka semakin naik lah menjadi trending topik.

3. tagar

Tagar juga sangat berpengaruh pada trending topik. tetapi perlu di ketahui tidak semua trending topik memiliki tagar.

Baca juga Skill Digital Marketing Suatu Keharusan Di Era Digital

Kalian tau gak cara jadi Trending topic? simak baik-baik di bawah ini... DI JAMIN AMPUH

CARA AGAR JADI TRENDING TOPIK
  1. Hastag harus Relevan dengan keadaan

Suatu perbincangan dalam trending topik harus sesuai dengan fakta, keadaan saat itu. harus waktu dekat bukan kejadian yang sudah lama.

2. Topik pembahasan harus menarik

Jika anda ingin postingan anda menjadi trending topik maka hal yang harus di lakukan yaitu, membuat topik pembahasan yang unik dan berbeda dari yang lainnya. jika anda membuat trend yang membosankan maka usaha anda akan sia-sia. misalnya anda ingin mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan. maka kamu harus dapat membuat video dokumenter tentang bagaimana ganasnya covid 19. anda juga dapat membuat hastag #Vaksinkuy. jika postingan anda menarik maka masyarakat akan mengikutinya.

3. Jangan mengandung unsur sara

Topik dari bahasan anda jangan sampai mengandung unsur sara.hal tersebut akan berbahaya selain akun twitter anda akan di tangguhkan, hal tersebut juga tentunya akan menyingggung banyak orang yang membacanya. perlu kalian ketahui beberapa detik anda memposting sebuah tweet pasti sudah ada yang membacanya. maka kalian harus berhati-hati dalam mengetik sebuah tweet

Sekian penjelasan tentang hal yang menentukan trending di twitter. semoga bermanfaat bagi pembaca. untuk berbagai informasi dan artikel menarik lainnya silahkan di akses di Campus Digital 

 


Hubungi Kami