Pandan Ayu

Kontributor

2 tahun yang lalu


#website #website digital marketing #searchengine

Apa Fungsi Search Engine Result Page?

2 tahun yang lalu - By Pandan Ayu

Mungkin kalian pernah bertanya-tanya, apa fungsi search engine result page (SERP) selain membantu kita dalam mencari informasi? Apakah SERP bisa membantu mengembangkan website kita?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan terjawab dalam artikel ini. Tapi sebelumnya, mari kita cari tahu dulu definisi search engine result page.

Apa Itu Search Engine Result Page?

Search engine adalah sebuah mesin atau program yang bertugas untuk mencari dan mengidentifikasi informasi di dalam database. Mesin tersebut mencari informasi dalam database yang sesuai dengan kata kunci yang telah user atau pengguna masukkan. Database tersebut berisi alamat dan koten situs-situs tertentu yang terdapat di World Wide Web (WWW).

Setelah berhasil memperoleh informasi, search engine akan menampilkan hasilnya. Hasil informasi itulah yang kita sebut dengan search engine result page (SERP). Makin bagus kualitas search engine, makin relevan pula informasi yang muncul.

Fungsi Search Engine Secara Umum

Singkatnya, search engine berfungsi untuk menyediakan informasi berdasarkan keywords yang pengguna masukkan. Fungsi ini sesuai dengan cara kerja search engine, yakni mendata, mengindeks, dan mendaftar situs yang ada di internet. Cara kerja tersebut dikenal dengan istilah crawling.

Walaupun tidak semua situs yang aktif berada di indeks pencarian search engine, namun banyak pemilik website yang dengan sengaja membiarkan situsnya terindeks oleh search engine. Tujuannya adalah agar situs web dapat muncul di hasil pencarian. Hal ini sekaligus bisa menjadi salah satu strategei marketing produk, lho.

Masih ada fungsi lain dari SERP. Simak penjelasannya berikut ini.

Mengindeks Alamat dan Konten di Situs Web

Seperti yang sudah kita pelajari di atas, search engine berfungsi untuk mengindeks alamat dan konten situs web yang berada di jaringan internet. “Bot” atau “Crawler” yang ada di search engine akan menjelajahi internet dan mendata situs web melalui alamat hyperlink-nya.

Namun, search engine tidak mencatat semua situs. Search engine result page hanya menampilkan halaman-halaman tertentu saja. Halaman tersebut adalah situs yang telah diberi izin oleh pemilik situs.

Menyediakan Informasi Melalui Kata Kunci

Informasi yang telah kita peroleh dari search engine result page tentunya memberikan kemudahan bagi para pengguna internet.

Banyak orang yang mengandalkan search engine untuk memperoleh informasi. Setiap hari, terhitung lebih dari 4 milyar pengguna melakukan pencarian di mesin pencari Google. Artinya, terdapat 40 ribu pencarian setiap detiknya dan akan terus bertambah seiring bertambahnya pengguna internet.

Media Pemasaran

Fungsi yang paling banyak orang gunakan saat ini adalah memanfaatkan search engine sebagai media pemasaran.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Google Adsense

Bertambahnya jumlah pengguna internet menyebabkan meningkatnya pula pencarian di search engine. Peningkatan yang luar biasa ini membuat mesin pencari menjadi media pemasaran yang cukup ampuh saat ini. Pengguna dapat mencari apa pun melalui mesin pencari, termasuk produk yang ingin mereka beli.

Untuk memanfaatkan fungsi ini, kita perlu membuat konten yang menarik dengan bantuan SEO agar website terindeks oleh mesin pencari. Kemudian, tinggal menunggu hingga mesin pencari mengenalinya. Barulah selanjutnya konten kita dapat muncul di search engine dan orang-orang dapat mengenali produk kita.

Selain itu, kita juga bisa membayar penyedia mesin pencari untuk memberikan prioritas pada situs kita. Dengan kata lain mengiklankan brand atau produk kita. Sehingga, ketika pengguna melakukan pencarian menggunakan keywords tertentu, brand kita bisa muncul.

 

Demikianlah beberapa fungsi dari search engine result page. Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Kalau kalian ingin belajar lebih dalam tentang dunia digital, ikuti program dari Campus Digital, yuk! Dengan mentor yang handal, kalian bisa dengan mudah paham dan mahir tentang dunia digital.

Hubungi Kami