Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


Apa itu Hosting?Pengertian dan Fungsinya

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Anda mungkin sedang berencana untuk membuat website, namun Anda malah diminta untuk membeli hostingnya dan juga domain. Bila mengibaratkannya, web hosting adalah tanah atau lahan sebagai tempat untuk membangun rumah (website). Lahan ini menyimpan seluruh resource yang Anda perlukan sehingga orang lain dapat mengunjungi website Anda.

Web hosting merupakan hal yang sangat Anda butuhkan ketika membuat website. Jadi, Anda perlu mengetahui pengertian dan fungsi dari hosting. Tugas dari web hosting adalah mengelola dan menjalankan server, mengamankan website, dan memastikan bahwa data seperti teks, foto, dan file website lainnya dapat pengunjung akses. Tidak lupa juga untuk memilih jenis web hostingnya yang cocok dengan website Anda.  

Cara Kerjanya

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Server hosting menyimpan berbagai file yang website perlukan. Seperti: gambar, video, script, database website, dll;
  2. Pengunjung yang nantinya akan mengetikkan domain website Anda pada mesin pencari (Google Chrome, Mozilla Firefox, dll);
  3. Mesin pencari akan meminta server hostingnya mengirim file website ke mesin pencari;
  4. Server mengirimkan file yang website butuhkan kepada mesin pencari;
  5. Setelah itu, pengunjung bisa mengakses website Anda.

Baca Juga : Pengertian dan Kelebihan WordPress Hosting

Fungsi Web Hosting

1. Menyimpan Data Website

Anda dapat mengelola data tersebut sehingga bisa menampilkannya pada halaman website. Semakin besar website yang ingin Anda buat, semakin besar pula kapasitas hostingnya yang Anda perlukan.

2. Menjadikan Website Memiliki Performa Tinggi 

Beberapa penyedia layanan hosting berkualitas biasanya menawarkan beragam fitur unggulan untuk membuat website Anda stabil dan tidak lemot. 

Seperti, bila server hostingnya menggunakan data center yang canggih contohnya data center berstandar tier-4. Kualitas data center tersebut tidak perlu Anda ragukan, karena memiliki beberapa fitur canggih berikut:

  • Multiple Upstream : Memungkinkan server untuk menggunakan beberapa jaringan.
  • Dedicated Line : Berfungsi untuk menghindari gangguan jaringan. 
  • Power Outage : Dua pembangkit listrik untuk memastikan pasokan listrik tetap aman.

3. Melindungi Website dari Serangan Hacker 

Hosting merupakan pelindung utama dari keamanan website. Karena bila hostingnya rapuh, hacker dapat dengan mudah masuk pada sistem dan menguasai website Anda.

4. Membuat Email Lebih Profesional

Anda dapat membuat email dengan domain sendiri. Seperti info@campusdigital.id, menyesuaikan dengan nama domain website yaitu campusdigital.id. Email tersebut jauh lebih profesional bila dibanding dengan email Gmail atau Yahoo.

Demikian pengertian dan fungsi dari hosting. Bila Anda ingin belajar membangun website Anda sendiri dengan mudah, Yuk bergabung bersama kami di Campus Digital

Hubungi Kami