Ersa Ely Megawati

Publisher

1 tahun yang lalu


#seo #searchengine #optimasiseo #tips&trik #campusdigital

Apa itu Optimasi SEO dan Mengapa Penting?

1 tahun yang lalu - By Ersa Ely Megawati

Istilah SEO (Search Engine Optimization) sudah sangat familier bagi kalangan pebisnis di era digital sekarang ini. Ditambah penggunaan strategi SEO menjadi favorit bagi pelaku bisnis untuk memasarkan produk atau layanannya. Sehingga penting bagi para pelaku bisnis untuk mampu mengoptimasi SEO. Optimasi SEO merupakan upaya mengoptimalkan sebuah website agar mampu berada pada peringkat teratas di Search Engine.

Kini website sudah menjadi media digital yang harus dimiliki oleh para pebisnis. Dengan memiliki website, pebisnis dapat menjangkau calon konsumennya di internet.

Website yang Anda kelola tanpa memperhatikan SEO, tidak akan maksimal pada hasil pencarian di Search Engine. Anda akan kehilangan peluang besar untuk mendapatkan trafik gratis dari mesin pencari. Dengan menerapkan optimasi SEO, website Anda bisa dinilai positif baik dari sisi mesin pencari maupun user. Sehingga, website Anda berpeluang untuk mendapatkan trafik yang lebih banyak dari mesin pencari.

Bahkan, memungkinkan juga bila traffic yang datang memiliki intensi untuk convert, SEO dapat menaikkan conversions sehingga menjadikan bisnis Anda semakin berkembang. Sehingga penting bagi Anda sebagai pebisnis untuk memahami optimasi SEO.

Baca Juga: 5 Langkah Awal Belajar SEO

Pentingnya Menerapkan Optimasi SEO pada Bisnis

1. Meningkatkan kredibilitas dan brand awarenes bisnis

Dengan menggunakan optimasi SEO, website Anda berpeluang untuk tampil pada halaman pertama mesin pencari. Sehingga calon pelanggan akan dengan mudah mengenal brand bisnis Anda.

Dengan menggunakan optimasi SEO, Anda akan mengoptimasi website secara menyeluruh. Mulai dari SEO On-Page, Off-Page, dan Technical. Ketiga elemen ini dapat menghasilkan website yang dinilai positif dari sisi mesin pencari maupun user.

2. Trafik organik lebih mudah untuk dikonversi

Dengan menggunakan optimasi SEO, website Anda akan berpeluang untuk mendapatkan trafik yang lebih banyak dari mesin pencari. Karena calon pelanggan yang mencari produk dengan sendirinya, kemudian masuk ke website Anda. Hal ini menjadikan pengunjung website Anda menjadi lebih relevan dan berpeluang untuk menjadi leads.

3. Memberikan trafik lebih stabil dalam jangka panjang

SEO adalah strategi marketing secara organik atau tidak berbayar. Sehingga, dalam jangka panjang dapat memberikan trafik yang lebih stabil bila dibandingkan dengan trafik berbayar. Menggunakan trafik berbayar melalui Google Ads, akan menghasilkan trafik signifikan ketika iklan tayang. Namun, setelah itu ketika sudah tidak berbayar trafiknya bisa menghilang. Berbeda dengan SEO, yang dapat memberikan trafik lebih stabil. Meskipun untuk mengoptimasi SEO ini membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan sampai hasil nya terlihat.

Itulah arti dan betapa pentingnya optimasi SEO untuk bisni yang perlu Anda pahami. Semoga cara tersebut bisa membantu untuk mengembangkan bisnis Anda. Bila Anda tertarik untuk belajar lebih dalam terkait digital marketing, segera bergabung bersama kami di Campus Digital.

Hubungi Kami