Apa itu SEM? Serta Manfaatnya dalam Digital Marketing
3 tahun yang lalu - By Alicia Diahwahyuningtyas
Apa itu SEM? Serta Manfaatnya dalam Digital Marketing
Apa itu SEM? Bagi pemula binis online pasti penasaran dengan SEM, kenapa SEM penting bagi bisnis. Tentu itu adalah hal yang sering di tanyakan pemula bisnis pada umumnya saat pertama kali merintis bisnis onlinenya. Lalu, sebenarnya apa sih SEM dan manfaatnya dalam digital marketing?
Kamu nggak perlu khawatir, karena dalam artikel ini akan di bahas tuntas mengenai SEM dalam digital marketing. Penasaran? Yuk simak penjelasannya!
Apa itu Search Engine Marketing (SEM)?
SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing, yang merupakan strategi yang di gunakan dalam digital marketing agar artikel atau konten kamu dapat menempati halaman utama pada google dengan keyword tertentu. Namun perlu di ketahui bahwa strategi Search Engine Marketing di lakukan secara berbayar.
Jadi secara sederhananya kamu menggunakan platform iklan google ads yang berbayar untuk mengiklankan website atau produk di internet.
Strategi ini bertujuan untuk melakukan optimasi terhadap website agar bisa mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian google. Perlu kamu ketahui bahwa sekarang ini hampir semua mesin pencari di internet sudah memiliki fitur SEM mulai dari Google sampai Bing. Namun, para digital marketer biasanya lebih memilih Google, karena Google menguasai 90% pangsa pasar di seluruh dunia saat ini. Sehingga peluang untuk mendapatkan traffic yang besar dari iklan di Google sangat besar.
Lalu Apa Saja Manfaat SEM Dalam Digital Marketing?
Dari penjelasan singkat di atas kamu mungkin sudah sedikit mengerti cara kerja SEM. Layaknya sebagai metode pemasaran, tentu tujuan utama penggunaan Search Engine Marketing yaitu untuk mempromosikan sebuah bisnis melalui platform internet. Bagi digital marketer istilah SEM sudah tidak asing lagi pastinya. Berikut manfaatnya:
1. Pencapaian Target
Dengan kamu menggunakan Search Engine Marketing, maka pencapaian bisnis bisa lebih tertarget. Pasalnya kamu bisa mendapatkan pemasaran yang jauh lebih spesifik dan relevan dengan website ataupun produk yang di promosikan. Hal ini dapat berdampak pada peningkatan traffic website dan pastinya mendatangkan banyak keuntungan untuk bisnismu.
2. Menjangkau lebih banyak pelanggan
Penggunaan SEM dapat menjangkat semua orang, asalkan mereka mempunyai koneksi internet. Dengan begitu, kamu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan di lokasi manapun yang telah terakses internet. Karena sifat internet yang fleksibel ini lah yang bisa di manfaatkan dalam bisnis online.
Baca juga Strategi Marketing PPC (Pay Per Click) dalam Bisnis
3. Percakapan dan Konversi yang Meningkat
Jika kamu menggunakan strategi marketing yang satu ini dapat menargetkan pemasaran yang lebih relevan yang sesuai dengan website dan produkmu. Tentunya ini akan berdampak pada peningkatan konversi terhadap search marketing. Teknik ini sangat mendatangkan keuntungan jika kamu dapat menggunakan digital marketing yang baik. Oleh karena itu, strategi ini sangat erat hubungannya dengan digital Marketing.